ANALISIS PARAMETER-PARAMETER YANG MEMPENGARUHI KUALITAS TRANSMISI SIGNAL TO NOISE RATIO (SNR) SERAT OPTIK DI PT.TELKOM, TBK STO JATINEGARA RUAS JATINEGARA - CIKUPA

YETHA VIONITA SIAGIA, . (2016) ANALISIS PARAMETER-PARAMETER YANG MEMPENGARUHI KUALITAS TRANSMISI SIGNAL TO NOISE RATIO (SNR) SERAT OPTIK DI PT.TELKOM, TBK STO JATINEGARA RUAS JATINEGARA - CIKUPA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI YETHA SIAGIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pengiriman sinyal informasi mengunakan media transmisi serta optik terdapat hal-hal yang mempengaruhi kualitas sinyal yang ditransmisikan. Signal to Noise Ratio (SNR) merupakan salah stau parameter dalam menentukan kualitas transmisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa parameter –parameter yang mempengaruhi kualitas transmisi khususnya Signal to Noise Ratio (SNR) serat optik di PT.Telkom, Tbk STO Jatinegara. Studi kasus pada ruas Jatinegara-Cikupa dengan menggunakan alat bantu berupa aplikasi Network Management System (NMS) dan menggunakan perhitungan Signal to Noise Ratio (SNR) pada serat optik. Dengan menggunakan aplikasi Network Management System (NMS) maka akan didapatkan nilai dari Signal to Noise Ratio (SNR) yang terjadi beserta parameter�parameternya seperti daya diterima, daya dikirim, redaman total dan power value. Hasil yang didapat kemudian dibandingkan dengan menggunakan perhitungan manual yaitu menggunakan formula berbasis literatur berdasarkan datasheet photodetector yang digunakan. Selanjutnya penelitian dilakukan dengan mengambil sampel 30 data pengukuran untuk mengetahui parameter yang mempengaruhi Signal to Noise Ratio (SNR). Nilai standarisasi Signal to Noise Ratio (SNR) menurut PT.Telkom yaitu ≥ 21,5 dB dan standarisasi redaman total yaitu ≤ 30 dB. Hasil penelitian menunjukkan Signal to Noise Ratio (SNR) dalam keadaan baik yaitu diatas rata-rata ≥ 21,5 dB begitu juga nilai redaman totalnya. Didapatkan hasil penelitian yaitu nilai redaman total dan power value merupakan parameter yang memberikan pengaruh paling besar terhadap perubahan kualitas transmisi Signal to Noise Ratio (SNR) serat optik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Wisnu Djatmiko, MT ; 2). Arum Setyowati, S.Pd., MT.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 08 Dec 2021 07:32
Last Modified: 08 Dec 2021 07:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21758

Actions (login required)

View Item View Item