PENGARUH PENGGUNAAN MASKER BIJI KEMBANG PUKUL EMPAT (Mirabilis jalapa Linn)TERHADAP PENGURANGAN JERAWAT(Acne vulgaris) TIPE RINGAN

YUNI PUSPITA SARI, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MASKER BIJI KEMBANG PUKUL EMPAT (Mirabilis jalapa Linn)TERHADAP PENGURANGAN JERAWAT(Acne vulgaris) TIPE RINGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I, II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (159kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (152kB)

Abstract

Biji kembang pukul empat diketahui mempunyai kegunaan dalam mengurangi jerawat pada wajah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan masker biji kembang pukul empat (Mirabilis jalapa L.) terhadap pengurangan jerawat (Acne vulgaris) tipe ringan pada kulit wajah. Berdasarkan deskripsi teoritis, maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian: terdapat pengaruh penggunaan masker biji kembang pukul empat (Mirabilis jalapa L.) terhadap pengurangan jerawat (Acne vulgaris) tipe ringan. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu jerawat di wajah mahasiswi Penidikan Tata Rias yang berusia 18-25. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dimana pengambilan sampel dilakukan berdasarkan ciri-ciri atau sifat populasi yang telah diketahui sebelumnya dan sesuai dengan tujuan penelitian. Jumlah sampel sebanyak 10 orang, dijadikan satu kelompok. 10 orang berjerawat tipe ringan ini diamati sebelum perlakuan dan kemudian diamati lagi setelah perlakuan dengan menggunakan masker biji kembang pukul empat. Masing-masing sampel diberi perlakuan sebanyak 8 kali. Penilaian hasil pengurangan jerawat dinilai dengan menggunakan lembar kriteria penilaian oleh dua dosen juri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra-eksperimen dengan desain “One Group Pretest-Posttest Design”. Untuk mengukur perubahan pada jerawat digunakan alat magnifying lamp. Setelah diperoleh data hasil penelitian, dilakukan uji persyaratan analisis data dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas, hasil pengujian sebelum menggunakan masker biji kembang pukul empat adalah Lhitung = 0,1977 pada taraf signifikasi α = 0,05 dan n = 10, Ltabel = 0,258 dengan demikian Lhitung < Ltabel artinya data sampel berdistribusi normal. Hasil pengujian setelah perlakuan didapat Lhitung = 0,1736 pada taraf signifikasi α = 0,05 dan n = 10, Ltabel = 0,258 dengan demikian Lhitung < Ltabel artinya data sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan Fhitung = 1,32 berada pada daerah yaitu: 0,31 < 1,32 < 3,18. Hasil tersebut menunjukkan bahwa populasi kelompok homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, hasil uji hipotesis didapat thitung = 3,00 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 18, ttabel = 1,73 dengan demikian thitung > ttabel yaitu 3,00 > 1,73, artinya terdapat pengaruh penggunaan masker biji kembang pukul empat (Mirabilis jalapa L.) terhadap pengurangan Jerawat (Acne vulgaris) tipe ringan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rita Susesty H. 2). Dra. Eti Herawati, M.Si ;
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 08 Dec 2021 08:45
Last Modified: 08 Dec 2021 08:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21760

Actions (login required)

View Item View Item