PANDANGAN MAHASISWA ATAS IDENTITAS ETNIS MAHASISWA PAPUA (Studi Kasus: Mahasiswa di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta)

M. Farhan Maherajaya, . (2019) PANDANGAN MAHASISWA ATAS IDENTITAS ETNIS MAHASISWA PAPUA (Studi Kasus: Mahasiswa di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini secara garis besar memiliki tiga tujuan utama. Pertama, untuk mengetahui pandangan mahasiswa non-Papua prodi pendidikan matematika terhadap mahasiswa identitas etnis Papua. Kedua, untuk mengetahui perilaku sosial yang dilakukan mahasiswa non Papua terhadap mahasiswa Papua. Ketiga, untuk mengetahui bentuk adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa Papua dalam meminimalisasi stereotip yang terjadi dalam kehidupan lingkungan perkuliahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif melihat suatu masalah dengan menekankan aspek pemahaman dan analisis secara mendalam yang bersifat deskriptif sehingga makna dan proses lebih ditonjolkan dalam penelitian. Pendekatan yang peneliti pilih untuk penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian adalah mahasiswa Papua dan mahasiswa non Papua di prodi pendidikan matematika Universitas Negeri Jakarta angkatan 2014. Teknik pengumpulan data dengan cara teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan dua teknik yaitu terstruktur dan tidak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa non Papua masih memiliki pandangan yang bersifat negatif terhadap mahasiswa asal Papua dari berbagai aspek, di antaranya fisik, intelektual, dan sifat. Adanya pandangan seperti ini mengakibatkan mahasiswa asal Papua mengalami ketidakpercayaan diri hingga depresi saat menjalani kehidupan awalnya di lingkungan yang baru. Berbagai tindakan dilakukan untuk mencegah berkembangnya stereotip terhadap etnis Papua dan membuktikan bahwa tidak semua orang Papua memiliki sifat dan atau kebiasaan seperti apa yang ada dalam stereotip tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Abdul Rahman Hamid, SH., MH ; 2). Syaifudin, M. Kesos
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 10 Dec 2021 06:48
Last Modified: 10 Dec 2021 06:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21796

Actions (login required)

View Item View Item