PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Sangiang Jaya Kota Tangerang)

LAILA MUNAWAROH, . (2019) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Sangiang Jaya Kota Tangerang). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (191kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. RINGKASAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran matematis dan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain faktorial 2 × 2 treatment by level. Analisis data dilakukan dengan mengguankan uji ANAVA 2 jalur dan uji lanjutan dengan uji-t, dengan hasil: 1) Kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi perlakuan dengan PBL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran ekspositori, 2) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan penalaran matematis, 3) Kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi perlakuan PBL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran ekspositori pada kelompok siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi, 4) Tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran PBL dan siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori pada kelompok siswa dengan kemampuan awal matematika rendah, 5) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diberi perlakuan dengan PBL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran ekspositori, 6) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika, 7) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diberi perlakuan PBL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran ekspositori pada kelompok siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi, 8) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran PBL dan siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori pada kelompok siswa dengan kemampuan awal matematika rendah. ******* The purpose of this study was to determine the effect of PBL on mathematical reasoning ability and understanding of mathematical concept in terms of students’ prior knowledge. The method used in this study is a quasi-experimental method with a 2 × 2 treatment by level factorial design. Data analysis was carried out by using 2-ways ANAVA test and followe-up with t-test, with the results: 1) Students’ mathematical reasoning ability treated with PBL was higher than students given ekspositori learning treatment, 2) There was an interaction between learning method and prior knowledge to mathematical reasoning ability, 3) Mathematical reasoning ability of students who were given PBL treatment were higher than students who were given ekspositori learning treatment in groups of students with high prior knowledge, 4) There were no differences in mathematical reasoning ability between students were treated by PBL and students were treated by ekspositori learning in low mathematical prior knowledge group, 5) Students’ mathematics conceptual understanding ability treated with PBL was higher than students given ekspositori learning treatment, 6) There was an interaction between learning method and prior knowledge to mathematics conceptual understanding ability, 7) Mathematics conceptual understanding ability of students who were given PBL treatment were higher than students who were given ekspositori learning treatment in groups of students with high prior knowledge, 8) There were no differences in mathematics conceptual understanding ability between students were treated by PBL and students were treated by ekspositori learning in low mathematical prior knowledge group.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Pinta Deniyanti Sampoerno, M.Pd. ; 2). Dr. Yurniwati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sains > Matematika
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:31
Last Modified: 13 Dec 2021 07:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21814

Actions (login required)

View Item View Item