LUKMAN FAKHMI, . (2019) DESAIN PEMBELAJARAN STATISTIKA UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK PADA SISWA KELAS VIII SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (53kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (83kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (891kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
Abstract
Statistika memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki masyarakat sebagai hasil dari sekolah adalah literasi statistik. Tujuan penelitan ini adalah mengembangkan desain pembelajaran statistika untuk menumbuhkan kemampuan literasi statistik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Palembang dengan menggunakan pendekatan PMRI. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga fase, yaitu persiapan dan desain, eksperimen mengajar, dan analisis retrospektif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 6 pertemuan yang terdiri dari 11 aktivitas. Konteks yang digunakan pada proses pembelajaran adalah Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan bantuan dot plot. Analisis retrospektif menunjukkan bahwa penerapan PMRI cocok diterapkan pada pembelajaran statistika. Hasil penelitian dari ini menunjukkan bahwa siswa mampu mengerjakan soal-soal statistika dalam upaya untuk menumbuhkan kemampuan literasi statistiknya. ******* Statistics has an important role in everyday life. One of the abilities that the community must have as a result of the school is statistical literacy. The purpose of this research is to develop the design of statistical learning to foster statistical literacy skills in class VIII students of SMP Negeri 10 Palembang using the PMRI approach. This study used a design research method which consists of three phases, namely preparation and design, teaching experiment, and retrospective analysis. This research was conducted in 6 meetings consisting of 11 activities. This research was conducted in 6 meetings consisting of 11 activities. The context used in the learning process is the Body Mass Index (BMI) with the help of a dot plot. Retrospective analysis shows that the application of PMRI is suitable to be applied in statistical learning. The results of this study indicate that students can work on statistical questions to foster statistical literacy ability
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Pinta Deniyanti Sampoerno, M.Si. ; 2). Dr. Meiliasari, M.Sc. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:41 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 07:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21816 |
Actions (login required)
View Item |