KARAKTER-KARAKTER ANAK PADA CERITA HEWAN (FABEL) DALAM “AL�QIROAH AR-ROSYIDAH” SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TELAAH SASTRA ARAB

Ines Zaskia Putri, . (2019) KARAKTER-KARAKTER ANAK PADA CERITA HEWAN (FABEL) DALAM “AL�QIROAH AR-ROSYIDAH” SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TELAAH SASTRA ARAB. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01.Cover.pdf

Download (304kB)
[img] Text
02. Lembar Persetujuan.pdf

Download (925kB)
[img] Text
03. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (216kB)
[img] Text
04. Lembar Pernyataan Persutujuan Publikasi.pdf

Download (613kB)
[img] Text
05. Abstrak.pdf

Download (469kB)
[img] Text
06. Kata Pengantar.pdf

Download (171kB)
[img] Text
07. Daftar Isi.pdf

Download (243kB)
[img] Text
08. Bab 1.pdf

Download (495kB)
[img] Text
09. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
10. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)
[img] Text
11. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[img] Text
12. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (342kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang karakter-karakter anak pada Cerita Hewan (Fabel) dalam “Al-Qiroah Ar�Rasyidah” serta implikasinya terhadap pembelajaran telaah sastra arab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis macam-macam karakter anak pada Cerita Hewan (Fabel) dalam “Al-Qiroah Ar-Rasyidah” karya Abdul Fatah dan Ali Umar. Penelitian ini menggunakan instrumen tabel spesifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa macam-macam karakter anak pada Cerita Hewan (Fabel) dalam “Al-Qiroah Ar-Rasyidah” karya Abdul Fatah dan Ali Umar terbagi menjadi 5 macam karakter anak, yaitu : 1. Egosentris, 2. Aktif, 3. Rasa Ingin Tahu, 4. Eksploratif, 5. Spontan. Dan nilai-nilai pendidikan karakter anak ada 9 macam, yaitu: 1. Jujur, 2. Toleransi, 3. Disiplin, 4. Kerja Keras, 5. Kreatif, 6. Mandiri, 7. Komunikatif, 8. Peduli Sosial, 9. Tanggung Jawab. Penelitian ini terdapat 73 temuan untuk macam-macam karakter anak dan 40 temuan untuk nilai-nilai pendidikan karakter anak dari 10 cerita pada Cerita Hewan (Fabel) dalam “Al-Qiroah Ar-Rasyidah” karya Abdul Fatah dan Ali Umar, sebagai berikut: Macam-macam karakter anak terdiri dari: 1. Egosentris terdapat pada 15 teks , 2. Aktif terdapat pada 14 teks, 3. Rasa Ingin Tahu terdapat pada 13 teks, 4. Eksploratif terdapat pada 6 teks, 5. Spontan terdapat pada 25 teks. Macam-macam nilai-nilai pendidikan karakter anak terdiri dari: 1. Jujur terdapat pada 4 cerita, 2. Toleransi terdapat pada 5 cerita, 3. Disiplin terdapat pada 2 cerita, 4. Kerja Keras terdapat pada 3 cerita, 5. Kreatif terdapat pada 7 cerita, 6. Mandiri terdapat pada 2 cerita, 7. Komunikatif terdapat pada 4 cerita, 8. Peduli Sosial terdapat pada 9 cerita, 9. Tanggung Jawab terdapat pada 4 cerita. Tujuan mengetahui macam-macam karakter anak dan menanamkan nilai�nilai pendidikan karakter pada anak adalah membentuk karakter anak agar menjadi pribadi yang baik terhadap Tuhan YME, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun bangsa. Dan dengan Cerita Hewan (Fabel) dalam “Al-Qiroah Ar�Rasyidah” sebagai medianya dapat meningkatkan minat membaca anak sebagai langkah awal pembentukan karakter, dan memudahkan anak dalam belajar bahasa arab dasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zuriyati M.Pd ; 2). Drs. M. Aziz Ritonga M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 28 Dec 2021 00:28
Last Modified: 28 Dec 2021 00:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21987

Actions (login required)

View Item View Item