IRGI HADI ABDAIL UMAM, . (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING MENGGUNAKAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP HASIL BELAJAR BUNPOU II (Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta Tahun Akademik 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (121kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (312kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (459kB) |
|
Text
5. LEMBAR PUBLIKASI.pdf Download (507kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (343kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) |
|
Text
12.a. BAB 1.pdf Download (311kB) |
|
Text
12.b. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
|
Text
12.c. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
Text
12.d. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
12.e. BAB 5.pdf Download (232kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
Abstract
Pada umumnya, terdapat beberapa permasalahan yang dirasakan mahasiswa tingkat awal yaitu mereka kesulitan dalam mempelajari Bunpou apabila tipe kegiatan kelas individu, terlebih suasana pembelajaran yang kurang menarik dan pasif. Peran suatu model dan metode pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penulis bermaksud menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing menggunakan metode Small Group Discussion pada pembelajaran Bunpou. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing menggunakan metode Small Group Discussion pada mata kuliah Bunpou II, untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Snowball Throwing menggunakan metode Small Group Discussion pada mata kuliah Bunpou II dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan model pembelajaran ini pada mata kuliah Bunpou II. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Eksperiment, dengan desain one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNJ dengan sampel kelas A yang berjumlah 22 mahasiswa. Instrumen pada penelitian ini adalah tes berupa pretest-posttest dan non-tes berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa nilai ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,02. Kemudian nilai thitung pada penelitian ini yaitu 7,36. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (thitung > ttabel ) yang berarti terdapat efektivitas pada model pembelajaran Snowball Throwing menggunakan metode Small Group Discussion terhadap hasil belajar Bunpou II.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd ; 2). Frida Philiyanti, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 01:00 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 02:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21991 |
Actions (login required)
View Item |