Cultural Literacy in Academic Documents of Primary School

JULIATRI GORETTI SIMAMORA, . (2019) Cultural Literacy in Academic Documents of Primary School. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. TITLE.pdf

Download (14kB)
[img] Text
02. PERSETUJUAN PANITIA UJIAN ATAS HASIL PERBAIKAN TESIS.pdf

Download (505kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf

Download (480kB)
[img] Text
07. ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
08. TABLE OF CONTENTS AND LIST OF TABLES.pdf

Download (325kB)
[img] Text
09. CHAPTER I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
10. CHAPTER II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
11. CHAPTER III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)
[img] Text
12. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
13. CHAPTER V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi budaya dalam dokumen akademik mata pelajaran bahasa inggris di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini dilakukan di SDN 101864 Gunung Rintih, Kab. Deli Serdang. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, klausa atau gambar yang terkait dengan kemampuan literasi budaya dalam empat dokumen akademik: 1) silabus; 2) rencana pembelajaran; 3) materi pembelajaran; 4) penilaian pembelajaran. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam pengumpulan data, yaitu tabel analisis. Penelitian ini menunjukkan bahwa 30 dari 47 indikator terdapat pada empat dokumen akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator literasi budaya yang sering muncul adalah wearing school uniforms at school (habit), students state interest to another cultural identity by using correct expressions (learning), students thank friends for some things given (value), working tasks together in group (value), and students do tasks individually or group according to the ability (value). Indikator tersebut merupakan bagian dari indikator habit, pembelajaran dan nilai. Kesimpulan nya adalah kompetensi literasi budaya dalam habit, pembelajaran dan nilai sudah mencakup dalam dokumen. Sedangkan indikator wearing traditional clothes in traditional or cultural events, students eat from plate or bowl, students pray on time based on their religion, students identify customs of (each tribe) in Indonesia, students shake teacher’s right hand politely, students kiss teacher’s right hand when parting them masih membutuhkan perhatian untuk literasi budaya yang terdapat dalam dokumen karena indikator tersebut hanya sedikit yang muncul. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi budaya tercantum dalam dokumen akademik di sekolah dasar, yaitu silabus, rencana pelajaran, bahan belajar dan penilaian pembelajaran.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Ifan Iskandar M.Hum ; 2). Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 28 Dec 2021 05:45
Last Modified: 28 Dec 2021 05:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21998

Actions (login required)

View Item View Item