Makdiah, . (2019) Wazan-wazan Isim Fa’il Beserta Makna dan Waktnya dalam QS. Al-Mu’minun serta Implikasinya dalam Pembelajaran Ilmu Sharaf. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf Download (258kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (170kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (118kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (587kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (441kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (210kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh deskripsi yang jelas mengenai Wazan-wazan Isim Fa’il Beserta Makna dan Waktunya dalam QS. Al-Mu’minun serta Implikasinya dalam Pembelajaran Ilmu Sharaf di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis Wazan-wazan Isim Fa’il Beserta Makna dan Waktunya dalam QS. Al-Mukminun. Isim-isim Fa’il dalam Al-Quran Surat Al-Mukminun terdapat 53 temuan dalam 51 ayat. Isim-isim Fa’il dalam Al-Quran Surat Al-Mukminun terbentuk dari 4 wazan yaitu: (1) Isim-isim Fa’il yang terbentuk dari Fi’il Tsulasi Mujarrad dengan wazan (فاعل (sebanyak 40 temuan dalam 39 ayat. (2) Isim-isim Fa’il yang terbentuk dari Fi’il Tsulasi Mazid biharfin dengan wazan (مفعل (sebanyak 10 temuan dalam 10 ayat. (3) Isim-isim Fa’il yang terbentuk dari Fi’il Tsulasi Mazid biharfain dengan wazan (مفتعل (terdapat 1 temuan dalam 1 ayat. (4) Isim-isim Fa’il yang terbentuk dari Fi’il Tsulasi Mazid Bitsalaasati Ahruf dengan wazan (مستفعل( terdapat 2 temuan dalam 2 ayat. Adapun dari segi makna Isim Fa’il dalam QS. Al-Mukminun terdapat 4 makna yaitu: (1) Addalaalatu ‘ala-l Mudhiy, sebanyak 8 ayat (dari Fi’il Tsulasi Mujarrad), terdapat 1 ayat (dari Fi’il Tsulasi Mazid Biharfin), dan terdapat 1 ayat (dari Fi’il Tsulasi Mazid Bitsalasati Ahruf). (2) Addalaalatu ‘ala-l haal, sebanyak 22 ayat (dari Fi’il Tsulasi Mujarrad), sebanyak 7 ayat (dari Fi’il Tsulasi Mazid Biharfin), terdapat 1 ayat (dari Fi’il Tsulasi Mazid Biharfain), dan terdapat 1 ayat (dari Fi’il Tsulasi Mazid Bitsalasati Ahruf). (3) Addalaalatu ‘ala-l istiqbal, sebanyak 12 ayat (dari Fi’il Tsulasi Mujarrad), terdapat 2 ayat (dari Fi’il Tsulasi ل Mazid Biharfin), dan terdapat 1 ayat (dari Fi’il Tsulasi Mazid Biharfain). (4) Addalaalatu ‘ala-l istimrar, sebanyak 6 ayat (dari Fi’il Tsulasi Mujarrad). Implikasi penelitian dalam pembelajaran Ilmu Sharaf adalah pelajar dan guru dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi untuk materi Ilmu Sharaf khususnya pada Wazan-wazan Isim Fa’il beserta Maknanya, dan penelitian ini menjadi salah satu cara untuk memahami Al-Quran khususnya pada makna�makna Isim Fa’il yang terdapat pada ayat-ayat Al-Quran. Oleh karena itu penelitian ini memberikan saran kepada para guru bahasa arab untuk menggunakan ayat Al-Quran sebagai dasar dalam pembelajaran Ilmu Sharaf
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Zuriyati M.Pd ; 2). Dr. Shafruddin Tajuddin M.A |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 04:23 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 04:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22013 |
Actions (login required)
View Item |