HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 40 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

VERA VARANENDA SARI, . (2017) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 40 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI VERA VARANENDA SARI 2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dilakukan di SMK Negeri 40 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi yang terdiri dari dua kelas berjumlah 72 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data pada variabel X1 (kepercayaan diri ), X2 (self-regulated learning ) dan variabel Y (prokrastinasi akademik) diukur menggunakan kuisioner dengan skala likert. Hasil analisis data menunjukan data yang digunakan dalam model regresi adalah berdistribusi normal (0,197 > 0,05) dan linear (X1 = 0,00 dan X2 = 0,00 < 0,05). Persamaan analisis regresi linear berganda dalam penelitian ini adalah Y’= 136,840 – 0,458X1 – 0,445X2. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 40 Jakarta berdasarkan dari perhitungan uji F dengan Fhitung (20,333) > Ftabel (3,159) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Secara parsial, terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kepercayaan diri (X1) dengan prokrastinasi akademik (Y) berdasarkan dari perhitungan uji t dengan thitung (-2,293) < ttabel (-2,002) dan koefisien korelasi sederhana sebesar -0,608. Kemudian, terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara variabel self-regulated learning (X2) dengan prokrastinasi akademik (Y) berdasarkan dari uji t dengan thitung (-2,131) < ttabel (- 2,002) dan koefisien korelasi sederhana sebesar -0,602. Hasil uji koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,645 yang menandakan antara kepercayaan diri dan self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik terdapat hubungan yang kuat dengan koefisien determinasi 41,6%, sehingga dapat dikatakan variabel Y prokrastinasi akademik ditentukan oleh variabel X1 kepercayaan diri dan X2 self- regulated learning sebesar 41,6%. The research conduct at SMK Negeri 40 Jakarta. The research method is survey method. The affordable population in this study are students of class X accounting consist of two classes amount to 72 students and sample used as many as 60 students by using simple random sampling techniques. An instrument used to obtain data for variabel X1 (self-confidence), X2 (self-regulated learning) and variabel Y (academic procrastination) measured using a questionnaire with likert scale. The result of data analysis showed that the data used in regression model is normally distributed (0,197> 0,05) and linear (X1 = 0,00 and X2 = 0,00 <0,05). The equation of multiple linear regression analysis in this study is Y '= 136.840-0.458X1- 0.445X2. The result of this study showed that there is a significant relationship between self-confidence and self-regulated learning with academic procrastination of class X accounting students in SMK Negeri 40 Jakarta based on F-test calculation with Fcount (20,333)> Ftable (3,159) and significance value (0,000 <0,05). Partially, there is a negative and significant relationship between self-confidence (X1) and academic procrastination (Y) based on t-test calculation with tcount (-2.293) <ttabel (-2.002) and simple correlation coefficient of -0.608. Then, there is a negative and significant relationship between self-regulated learning (X2) and academic procrastination (Y) based on t- test with tcount (-2.131) <ttabel (-2.002) and simple correlation coefficient of -0.602. Result of double correlation coefficient test (R) equal to 0,645 that means between self-confidence and self-regulated learning with academic procrastination there is a strong relation with coefficient determination 41,6%, so it can be said variable Y academic procrastination determined by variable X1 self confidence and X2 Self-regulated learning of 41.6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr.Mardi., M.Si., 2) Erika Takidah, SE, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:26
Last Modified: 05 Jan 2022 03:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22056

Actions (login required)

View Item View Item