EFEKTIVITAS METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X IPA SMA MANDALAHAYU BEKASI

MUHAMMAD REVALDI, . (2019) EFEKTIVITAS METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X IPA SMA MANDALAHAYU BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (50kB)
[img] Text
2.1 ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (167kB)
[img] Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (119kB)
[img] Text
5. Lembar Publikasi.pdf

Download (159kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (274kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
12.a. BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
12.b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
12.c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
12.d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
12.e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Pada umumnya, terdapat beberapa kesulitan yang dirasakan siswa ketika berbicara bahasa Jepang yaitu kurang percaya diri, kurang termotivasi serta penguasaan pola kalimat dan kosakata yang minim. Peran suatu metode pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penulis bermaksud menggunakan metode Hypnoteaching pada pembelajaran berbicara bahasa Jepang di SMA Mandalahayu Bekasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa setelah menggunakan metode Hypnoteaching, untuk mengetahui efektivitas metode Hypnoteaching dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang dan untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai metode Hypnoteaching. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-Eksperiment dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Mandalahayu Bekasi dengan sampel kelas X-IPA 1 yang berjumlah 43 siswa. Instrumen pada penelitian ini adalah tes berupa pretest-posttest dan non-tes berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa nilai ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,99. Kemudian nilai thitung pada penelitian ini yaitu 10,07. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (thitung > ttabel ) yang berarti metode Hypnoteaching efektif dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang siswa kelas X IPA SMA Mandalahayu Bekasi. Kemudian, hasil angket yang diperoleh menunjukkan bahwa 98% siswa menyukai pembelajaran dengan menggunakan metode Hypnoteaching, 86% siswa berpendapat metode Hypnoteaching dapat membuat siswa lebih percaya diri berbicara bahasa Jepang serta 98% siswa berpendapat metode Hypnoteaching dapat meningkatkan motivasi untuk berbicara bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd ; 2). Dr. Nia Setiawati, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2022 07:30
Last Modified: 05 Jan 2022 07:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22079

Actions (login required)

View Item View Item