PENGARUH CARA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 50 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

TRI AGUSTINA, . (2017) PENGARUH CARA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 50 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_TRI AGUSTINA_8105132188.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 50 Jakarta. Metode penelitian menggunakan metode surveydengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pada variabel cara belajar dan motivasi belajar karena data primer. Sedangkan hasil belajar menggunakan dokumentasi nilai UAS Pengantar Akuntansi. Populasi terjangkau penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi berjumlah 71 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa. Teknik analisis data diawali dengan uji normalitas dan uji linieritas, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh secara parsial antara cara belajar dengan hasil belajar yaitu thitung sebesar 4,340 lebih besar dari ttabel sebesar 2,002. Dan terdapat pengaruh secara parsial antara motivasi belajar dengan hasil belajar berdasarkan hasil analisis data thitung 4,335 lebih besar dari ttabel sebesar 2,002. Secara simultan terdapat pengaruh cara belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihar dari hasil perhitungan korelasi simultan menunjukkan nilai Fhitung sebesar 33,116 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 3,16. Hasil perhitungan koefisien korelasi simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh cara belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,733. Dan diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 0,537 atau 53,7%. This study aims to determine the effect of learning and motivation to learn the results of class X student of Accounting SMK Negeri 50 Jakarta. The research method usedmethod survey with correlation approach. Collecting data using questionnaires in variable ways of learning and motivation to learn as the primary data. While the study results using the documentation value of UAS Introduction to Accounting. Affordable population were students of class X in Accounting totaling 71 students. The samples used were 60 students. Data analysis technique begins with normality test and linearity test, multiple regression analysis and hypothesis testing consisting of t test and F test result showed that there was a partial effect between learning with learning outcomes, tcount 4,340 greater than ttable of 2.002. And there is a partial effect between learning motivation and learning outcomes based on data analysis t 4.335 is greater than ttable of 2.002. Simultaneously there are significant ways of learning and learning motivation on learning outcomes. Can be seen of simultaneous correlation calculation results show the Fcount of 33.116 larger than Ftable 3.16. Simultaneous correlation coefficient calculation results show that there are significant learning how to learn and motivation to the learning outcomes of 0.733. And note the coefficient of determination (R2) of 0.537 or 53.7%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Zulaihati, M.Si 2) Ati Sumiati, S.Pd, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Jan 2022 02:49
Last Modified: 06 Jan 2022 02:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22086

Actions (login required)

View Item View Item