PENGARUH KESADARAN LINGKUNGAN, PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN PERHATIAN LINGKUNGAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK HIJAU THE BODY SHOP DI JABODETABEK

TIKA NOVIA, . (2017) PENGARUH KESADARAN LINGKUNGAN, PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN PERHATIAN LINGKUNGAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK HIJAU THE BODY SHOP DI JABODETABEK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG_TIKA NOVIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif kesadaran lingkungan, pengetahuan lingkungan dan perhatian terhadap lingkungan terhadap niat beli produk hijau The Body Shop. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan cara menyebarkan 150 kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah responden yang merupakan anggota komunitas pecinta lingkungan, belum pernah membeli produk The Body Shop dan berdomisili di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 24 sebagai alat untuk mengolah dan menganalisa hasil penelitian. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa beberapa dimensi/indikator menjadi yang paling dominan, seperti a) dimensi individual responsibility dalam variabel kesadaran lingkungan, b) dimensi product knowledge dalam variabel pengetahuan lingkungan, c) dimensi attitude dalam variabel perhatian lingkungan, d) indicator plan to buy dalam variabel niat beli produk hijau. Namun masih ada permasalahan yang perlu diperbaiki yang berkaitan dengan masing-masing variabel. Hasil uji hipotesis menunjukkan kesadaran lingkungan, pengetahuan lingkungan dan perhatian lingkungan memiliki pengaruh positif terhadap niat beli produk hijau. This study aims to determine the positive influence of green awareness, green knowledge and green concern to green purchase intention of The Body Shop. To collect the data, this study uses survey method by distributing 150 questionnaires using purposive sampling technique. A sample of this study is the respondents who are member of green commmunities, never bought The Body Shop products and domicilated in Jabodetabek. This study uses multiple regression analysis with SPSS version 24 program as a toolto process and analyze the result of research. Descriptive analysis results showed that some dimension/indicator became the most dominant, such as: a) individual responsibility dimension in environmental awareness variable, b) product knowledge dimension in environment knowledge variable, c) attitude dimension in environmental attention variable, d) indicator plan to buy in Variable purchase intention of green products. But there are still problems that need to be corrected related to each variable. Hypothesis test results show that environmental awareness, environmental knowledge and environmental concerns have a positive effect on green purchase intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ferry Wibowo, SE, M.Si 2) Rahmi, SE.M.S.M
Subjects: Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:48
Last Modified: 07 Jan 2022 07:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22099

Actions (login required)

View Item View Item