Penggunaan Abreviasi dalam Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 97 Jakarta

Mutiah Mujahidah., . (2019) Penggunaan Abreviasi dalam Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 97 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak-dikonversi.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB II-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB III-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-dikonversi.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-dikonversi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Kata Pengantar-dikonversi.pdf

Download (17kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (34kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai penggunaan abreviasi dalam menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 97 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Fokus penelitian ini adalah penggunaan abreviasi yakni singkatan, akronim, kontraksi, penggalan, dan lambang huruf. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks berita yang ditulis oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 97 Jakarta. Hasil penelitian menemukan 206 data abreviasi, terdiri atas singkatan sebanyak 104 data yang benar dan 9 data yang salah. Akronim sebanyak 33 data yang benar dan 1 data yang salah. Kontraksi sebanyak 49 data yang benar dan 3 data yang salah. Penggalan terdapat 1 data yang benar dan tidak terdapat data yang salah. Lambang huruf sebanyak 6 data yang benar dan tidak ditemukan data yang salah. Simpulan yang diperoleh dalam penggunaan abreviasi dalam menulis teks berita dinyatakan singkatan yang paling banyak digunakan oleh siswa yakni 113 data dan penggalan paling sedikit digunakan oleh siswa yakni 1 data. Selain itu, dari keseluruhan data, penggunaan abreviasi yang benar dalam menulis teks berita berjumlah 193 data dan penggunaan abreviasi yang salah berjumlah 13 data. Penelitian ini secara khusus diimplikasikan pada bahan ajar Bahasa Indonesia kelas VIII semester 1 pada KD 3.2 menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca. KD 4.2 menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd ; 2). N. Lia Marliana, S.Pd. M.Phil.(Ling.)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:58
Last Modified: 10 Jan 2022 03:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22108

Actions (login required)

View Item View Item