Cognitive Domain in “Bright” English Textbook for 8th Grade Junior High School Students A Text Analysis

NELVI SARI, . (2019) Cognitive Domain in “Bright” English Textbook for 8th Grade Junior High School Students A Text Analysis. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak, Abstract, Kata Pengantar, Daftar isi, Daftar Tabel, Daftar Lampiran.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Lembar Orisinalitas.pdf

Download (307kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (338kB)
[img] Text
REFERENCES_Daftar Pustaka.pdf

Download (321kB)

Abstract

Ranah kognitif berhubungan dengan pengembangan pemahaman, kemampuan dan keterampilan intelektual. Pengembangan keterampilan berpikir semestinya diartikulasikan dalam buku pembelajaran dengan menerapkan ranah kognitif proses dan pengeteahuan pada kegiatan yang tersedia dalam buku tersebut. Taksonomi Bloom yang direvisi (BRT) merupakan instrumen yang berguna untuk evaluasi buku pembelajaran dan alat yang tepat untuk menganalisis proses kognitif buku pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kognitif dan pengetahuan pada kegiatan pembelajaran pada buku “Bright”. Penelitian kualitatif ini menggunakan analisis konten sebagai metode. Data penelitian terdiri dari 285 kegiatan pembelajaran dan 54 refleksi pada buku pelajaran yang dikodifikasikan mengacu pada kognitif proses dan pengetahuan berdasarkan Taksonomi Bloom yang direvisi oleh Krathwohl (2002). Hasil penelitian mengungkapkan semua proses kognitif digunakan dalam kegiatan pembelajaran diantaranya Menganalisis dengan 117 kali kemunculan, Menerapkan dengan 71 kali kemunculan, Mengingat dengan 70 kali kemunculan, Membuat dengan 40 kali kemunculan, Mengerti dengan 35 kali kemunculan, dan Mengevaluasi dengan 8 kali kemunculan. Kemudian, ukuran pengetahuan yang didistribusikan dalam buku ini adalah Pengetahuan Konsep dengan persentase 37,89 %, Pengetahuan Prosedur dengan persentase 34,61 %, Pengetahuan Fakta dengan persentase 27,35 %, dan Pengetahuan Metakognitif dengan persentase 18,57 %. Hasil menunjukkan, kegiatan pembelajaran yang terdapat di dalam buku masih berada pada tingkat rendah menurut Taksonomi Bloom yang direvisi. vi Penelitian ini berimplikasi pada penulis buku dan guru untuk lebih selektif dalam menyajikan kegiatan pembelajaran pada buku pelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). I Wayan Darya M.A ; 2). Lasito, M.App.Ling
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 10 Jan 2022 09:01
Last Modified: 10 Jan 2022 09:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22125

Actions (login required)

View Item View Item