PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 139 JAKARTA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PENJAS BERBASIS PERMAINAN

Dimas Satria Widhi, . (2019) PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 139 JAKARTA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PENJAS BERBASIS PERMAINAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (105kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan.pdf

Download (269kB)
[img] Text
4. Lembar orisinalitas.pdf

Download (283kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (228kB)
[img] Text
7. Daftar isi.pdf

Download (191kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan interpersonal siswa melalui metde pembelajaran penjas berbasis permainan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research) dengan pengambilan data kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan ini melibatkan ahli dalam bidang pendidikan jasmani sebagai kolaborator. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II dan diawali dengan kegiatan observasi awal. Penelitian ini dilaksanakan bersamaan dengan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Tidak terdapat siswa yang dalam kategori sangat baik, Tidak ada siswa dalam kategori baik, 36% atau 12 orang siswa dalam kategori cukup, dan 64% atau 21 orang siswa dalam kategori kurang, dan tidak siswa dalam kategori sangat kurang, sedangkan pada siklus 1 tidak terdapat siswa yang dalam kategori sangat baik, 82% atau 27 orang siswa dalam kategori baik, 18% atau 6 orang siswa dalam kategri cukup, dan tidak terdapat siswa dalam kategori kurang, dan tidak terdapat siswa dalam kategori sangat kurang, ii sedangkan pada siklus 2, hasil penelitian siklus 2 menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan data sebanyak 82% atau 27 siswa yang dalam kategori sangat baik, 18% atau 6 orang siswa dalam kategori baik, tidak terdapat siswa dalam kategori cukup, dan 0% atau tidak ada siswa dalam kategori kurang, dan tidak terdapat siswa dalam kategori sangat kurang. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran penjas dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas IX SMP Negeri 139 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wahyuningtyas Puspitorini, S.Pd, M.Kes, AIFO ; 2). Drs. Oman Unju Subandi M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:12
Last Modified: 13 Jan 2022 06:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22163

Actions (login required)

View Item View Item