SYIFA MAWARIZKY, . (2017) PENGARUH STRES DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA ORMAWA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI SYIFA MAWARIZKY.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh stres dan locus of control terhadap prokrastinasi akademik pada ormawa di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Maret sampai dengan Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional.. Populasi terjangkaunya adalah pengurus inti masing-masing ormawa yang berjumlah 156 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 110 mahasiswa dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Data variabel Y (Prokrastinasi Akademik) merupakan data primer, intrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan model skala likert. Data variabel X1 (Stres) instrumen yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan model skala likert serta data variabel X2 (locus of control) adalah data primer dengan menggunakan skala Guttman. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 21.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Komolgrov Smirnov Z dan di dapat nilai X1 sebesar 0,849, X2 sebesar 0,763 dan Y sebesar 0,986 yang semuanya lebih besar dari signifikansi 0,05 maka data berdistribusi normal. Uji heteroskedastisitas dengan uji Spearman’s rho, yang menghasilkan nilai signifikansi X1 0,816 dan X2 0,843. Karena nilai signifikansi lebih dari 0,05 maka tidak terjadi masalah heteroskedastisitas. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 113,631+0,529X1+0,8790X2 . Uji hipotesis yaitu uji F dalam tabel ANOVA, diketahui Fhitung 47,711 > Ftabel 3,08. Uji t menghasilkan thitung dari stres 7,289 >ttabel 1,98 dan thitung dari locus of control sebesar 4, 120 >ttabel 1,98 . Uji koefisien determinasi diperoleh hasil 47,1%, sisanya 52,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara stres dan locus of control terhadap prokrastinasi akademik pada ormawa di Universitas Negeri Jakarta. Pada stres indikator tertinggi yaitu gejala fisikal 35,85%, diharapkan mahasiswa dapat mengurangi beban-beban yang dikerjakan sehingga tidak timbul masalah apa yang dirasakan terhadap tubuhnya. Pada prokrastinasi akademik indikator tertinggi yaitu melakukan aktifitas lain yang lebih menyenangkan 34,69%, diharapkan mahasiswa lebih dapat mengatur waktu dengan baik agar kewajibannya di akademik tidak tertinggal. This study aims to determine whether there is influence of stress and locus of control on academic procrastination at ormawa at Jakarta State University. This research was conducted for three months starting from March to May 2017. The research method used is survey method with correlational approach .. The population reachable is the core board of each ormawa, amounting to 156 students. The sample used in this research is 110 students by using propotional random sampling technique. Data variable Y (Academic Procrastination) is the primary data, the instrument used is a questionnaire by using the Likert scale model. The variable data of X1 (Stress) instrument used is questionnaire using likert scale model and X2 variable data (locus of control) is the primary data using Guttman scale. Prior to use, a validity test is conducted through the validation process ie calculation of correlation coefficient score with total score and reliability test with Alpha Cronbach formula, while for variable X2 (locus of control) using using biserial calculation. Data analysis technique using SPSS program version 21.0 started by looking for test requirement analysis that is normality test using Komolgrov Smirnov Z method and X1 value can be equal to 0,849, X2 equal to 0,763 and Y equal to 0,986 which all bigger than 0,05 significance hence normal distributed data . Test heteroscedasticity by Spearman's rho test, which yielded significance value of X1 0,816 and X2 0,843. Because the value of significance is more than 0.05 then there is no problem of heteroscedasticity. Regression equation obtained is Ŷ = 113,631 + 0,529X1 + 0,8790X2. Hypothesis test that is test of F in table ANOVA, known Fhitung 47,711> Ftabel 3,08. Test t produces tcount of stress 7,289> ttable 1,98 and tcount of locus of control equal to 4, 120> ttabel 1,98. Test coefficient determination obtained results 47.1%, the remaining 52.9% influenced by other factors not examined. The conclusion of this study is that there is a significant influence between stress and locus of control on academic procrastination at ormawa at Jakarta State University. At the highest indicator stress that is physical symptoms 35.85%, students are expected to reduce the loads done so that no problems arise what is felt to his body. In academic procrastination, the highest indicator is doing another activity which is more enjoyable 34,69%, it is expected that more students can manage time well so that their obligation in academic is not left behind.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Henry Eryanto, MM 2) Marsofiyati, S.Pd, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 06:09 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 06:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22166 |
Actions (login required)
View Item |