MODEL BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA (Penelitian dan Pengembangan di SDIT Permata Bunda Jakarta)

SYARIFA RAFIQA, . (2022) MODEL BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA (Penelitian dan Pengembangan di SDIT Permata Bunda Jakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (754kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB) | Request a copy

Abstract

Multimedia di bidang pendidikan menjadi semakin popular saat ini. Sejalan dengan perkembangan teknologi, perkembangan multimedia memberikan dampak pada pengembangan bahan ajar, termasuk pengembangan bahan ajar bahasa Inggris. Bagaimana mengembangkan multimedia dalam mempersiapkan teks, tabel, audio, gambar, foto dan video untuk dimasukkan dalam bahan ajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia sebagai bahan pembelajaran bagi sekolah dasar khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) untuk menganalisis dan menunjukan teknologi multimedia sebagai solusi untuk masalah dalam pengajaran bahasa Inggris. Menggunakan pendekatan whole language untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris dan kemudahan mengakses audio dan video pembelajaran dengan menggunakan kode QR. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Permata Bunda Jakarta. Data diperoleh melalui wawancara, kuesioner, tes dan observasi, untuk mengetahui kelayakan dari model bahan ajar bahasa Inggris berbasis multimedia dilakukan beberapa tahapan penilaian. Penilaian yang dilakukan yaitu uji pakar, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan dan uji efektivitas model bahan ajar. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil validasi pakar menunjukan bahwa bahan ajar bahasa Inggris memenuhi indikator yang sesuai dengan aspek relevansi konten, keakuratan materi, kebahasaan, tampilan umum dan khusus serta kualitas teknis. nilai yang diperoleh hasil validasi isi materi (93%) dan validasi media dan desain gambar dan grafis (87%) masuk dalam kategori sangat baik. Selanjutnya hasil uji coba dilakukan pada uji satu-satu, kelompok kecil, dan uji lapangan dengan hasil berurutan yaitu 85%, 83%, dan 86%. Dengan demikian, bahan ajar bahasa Inggris berbasis multimedia dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Multimedia in the field of education is becoming more popular nowadays. In line with technological developments, multimedia developments have an impact on the development of teaching materials, including the development of English teaching materials. How do the teachers develop multimedia in preparing text, tables, audio, images, photos, and videos to be included in teaching materials? The purpose of this research is todevelop multimedia-based learning media as learning materials for elementary schools, especially in learning English. This study used a research and development (R&D) approach to analyze and demonstrate multimedia technology as a solution to problems in teaching English. The researcher used a whole language approach to improve English skills and make an easier access of learning audio and videos using QR codes. This Research was conducted in SDIT Permata Bunda Jakarta. The data were obtained through interviews, questionnaires, tests, and observation. The feasibility learning model had been done through expert assessment, one-to-one test, small group test, field trial, and the effectiveness test. Based on the experts‟ validation, the results show that the English teaching materials meet the appropriate indicators with aspects of content relevance, material accuracy, language, general and special appearance and technical quality. The value obtained from the validation of material content was (93%) and media validation and image and graphic design was (87%). Those values are classified into a very good category. Furthermore, the results of the trials were carried out on one-on- one, small group, and field trials with sequential results, namely 85%, 83%, and 86%. Thus, multimedia-based English teaching materials can be used as teaching materials in English lessons to improve students' understanding and skills.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Endry BOeriswati, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Herlina, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 13097 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:38
Last Modified: 25 Jan 2022 01:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22214

Actions (login required)

View Item View Item