DESIGNING FILM APPRECIATION ASSESSMENT IN GOOGLE CLASSROOM PLATFORM

Siti Nurazizah, . (2019) DESIGNING FILM APPRECIATION ASSESSMENT IN GOOGLE CLASSROOM PLATFORM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (226kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (446kB)
[img] Text
3.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (255kB)
[img] Text
4.LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
6.ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
7.ACKNOWLEDGMENT.pdf

Download (290kB)
[img] Text
8.TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (235kB)
[img] Text
12.CHAPTER I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
13.CHAPTER II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
14.CHAPTER III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
15.CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
16.CHAPTER V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
17.REFERENCES.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang penilaian apresiasi film di platform Google Classroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dan survei. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai Desain Berbasis Penelitian (DBR) karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang penilaian apresiasi film untuk proses pengajaran. Ada 6 langkah dalam bentuk siklus mikro. Diantaranya adalah analisis dan eksplorasi (siklus mikro 1), merancang dan membangun (siklus mikro 2), evaluasi dan refleksi (siklus mikro 3). Karena penelitian berbasis desain adalah proses berulang, tiga siklus inti terus diulang dalam siklus mikro 4, 5 dan 6. Subjek penelitian adalah 40 siswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta. Data penelitian ini adalah indikator apresiasi film dari berbagai buku, jurnal, silabus, dan hasil analisis kebutuhan subjek. Produk dari penelitian ini adalah desain penilaian apresiasi film di Google Classroom Platform. Berdasarkan penilaian dan tanggapan dari evaluator dan siswa, dapat disimpulkan bahwa desain layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Pernyataan tersebut didukung oleh kuesioner yang diberikan setelah implementasi. Data menunjukkan bahwa desain berhasil membuat siswa memahami elemen-elemen film, menghubungkan pesan film dan mengevaluasi film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desainnya baik dan layak untuk digunakan sebagai penilaian untuk mengapresiasi apresiasi sastra khususnya film.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muchlas Suseno M ; 2). I Wayan Darya M.A
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Film, Sinema
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:21
Last Modified: 24 Jan 2022 08:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22220

Actions (login required)

View Item View Item