PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI SEKOLAH DASAR

SITI FAIZAH KHOIRUNNISA, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TESIS SITI FAIZAH KHOIRUNNISA PDF.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share dan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen factorial 2x2 dengan treatment by level. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa kelas 4 SDN Cipinang Besar Selatan 16 Pagi. Teknik pengumpulan sampel dengan teknik stratified multistage cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan model pembelajaran think pair share memiliki pengaruh yang lebih tinggi daripada model pembelajaran ekspositori, 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis, 3) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi yang diberikan model pembelajaran think pair share memiliki pengaruh yang lebih tinggi skor siswa dari kemampuan komunikasi matematis yang diberikan model pembelajaran ekpositori, 4) Kemampuan komunikasi matematis yang memiliki disposisi matematis rendah yang diberikan model pembelajaran ekspositori memiliki pengaruh yang lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan model pembelajaran think pair share. This study aims to determine the effect of the learning model Think Pair Share and mathematical disposition towards mathematical communication skills. This study uses a quantitative approach with a 2x2 factorial experimental method with treatment by level. The sample in this study were 56 fourth grade students of SDN Cipinang Besar Selatan 16 Pagi. Sample collection techniques with multistage stratified cluster random sampling. Data were analyzed using ANOVA two lanes. The results obtained are: 1) The ability to communicate mathematical student given learning model Think Pair Share has a higher impact than learning model ekpositori, 2) There is an interaction effect between the learning model and disposition mathematically on the ability of mathematical communication, 3) ability to communicate mathematically students who have a disposition mathematically given height learning model think pair share has a higher impact scores of students of communication skills mathematically given learning model ekpositori, 4) the ability to communicate mathematically have a disposition mathematically low given learning model ekpositori have a higher impact in value compared with the communication skills of students given mathematical learning model think pair share.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1)Prof.Dr. Yufiarti. M. Psi 2)Dr. Wardani Rahayu. M. Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Jan 2022 05:44
Last Modified: 31 Jan 2022 05:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22314

Actions (login required)

View Item View Item