PENGARUH SELF EFFICACY DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMA NEGERI 48 JAKARTA TIMUR

Sita Muthia Devi, . (2017) PENGARUH SELF EFFICACY DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMA NEGERI 48 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SITA MUTHIA DEVI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah terdapat pengaruh antara self efficacy terhadap motivasi berprestasi, (2) apakah terdapat pengaruh antara adversity quotient terhadap motivasi berprestasi, dan (3) apakah terdapat pengaruh antara self efficacy dan adversity quotient terhadap motivasi berprestasi. Penelitian ini dilakukan sejak bulan April 2017 – Juli2017. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 48 Jakarta yang berjumlah 239 siswa, dengan populasi terjangkaunya siswa kelas XI Program IPS di SMAN 48 Jakarta yang berjumlah 119 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak proporsional, sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 89 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey, pencatatan dokumen dan kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diketahui terdapat pengaruh parsial antara self efficacy dan motivasi berprestasi. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 1998 >nilai ttabel 1.987. Kemudian diketahui terdapat pengaruh parsial antara adversity quotient dan motivasi berprestasi. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 4,830 > nilai ttabel 1,987. Self efficacy dan Adversity quotient secara bersamaan berpengaruh terhadap motivasi berprestasi, hal ini terlihat dari hasil data yang menunjukan nilai Fhitung sebesar 14,539 > nilai Ftabel sebesar 3,10. Dengan persamaan regresi berganda yang didapatkan adalah Y’ = 17,544 + 0,571X1 + 0,736X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0.253 yang artinya Self efficacy (X1) dan Adversity quotient (X2) berpengaruh terhadap motivasiberprestasi (Y) sebesar 25,3%. Pengaruh antara self efficacy dan adversity Quotient terhadap motivasi berprestasi, semakin rendah self efficacy dan adversity quotient maka semakin rendah motivasi berprestasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji F sebesar 14,539. Berdasarkan hitung skor rata-rata motivasi berprestasi, skor indikator terendah adalah umpan balik karena biasanya siswa tidak memiliki umpan balik terhadap tugas yang dikerjakannya. Rata-rata hitung skor self efficacy terendah adalah magnitude karena siswa tidak memiliki keyakinan yang tinggi terhadap kemampuan yang dimilikinya. Sedangkan pada adversity quotient skor terendahnya adalah endurance (daya tahan) karena siswa masih menganggap kesulitan dan penyebabnya berlangsung lama dan tidak dapat diatasi dengan waktu cepat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Dr. Rr. Ponco Dewi K, MM 2)Darma Rika Swaramarinda, SE, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Jan 2022 06:34
Last Modified: 31 Jan 2022 06:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22321

Actions (login required)

View Item View Item