EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI DI SETUKPA LEMDIKLAT POLRI

WARSINO, . (2021) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI DI SETUKPA LEMDIKLAT POLRI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB I_PENDAHULUAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB II_KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III_METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_PEMBAHASAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V_KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tahapan input anteseden, proses transaksi, dan outcome dalam pendidikan dan pelatihan sebagai salah satu program di SETUKPA LEMDIKLAT POLRI. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan model evaluasi Countenance Stake yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: antecedents, transaction, dan outcomes. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 30 peserta pelatihan yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap evaluasi antecendent, pendidik masih kurang melakukan inovasi penyesuaian perencanaan pembelajaran online dengan model atau skema pembelajaran yang direncanakan sebelumnya. Pada tahap evaluasi transaksi, indikator strategi pembelajaran online dan pembelajaran online interaktif belum memenuhi standar evaluasi. Peserta diklat menyatakan kurang optimal dan sinkronnya interaksi yang terjadi dalam KBM online yang dilakukan oleh Setukpa Lemdiklat Polri. Pada tahap evaluasi hasil, indikator kepuasan siswa terhadap pembelajaran online, belum memenuhi standar yang ditentukan. Hal ini terlihat dari belum adanya forum diskusi untuk mengukur kepuasan kegiatan pembelajaran online yang diikuti siswa dan belum adanya penilaian pembelajaran online oleh Gadik di lingkungan Setukpa Lemdiklat POLRI. ************************* The purpose of this research is to evaluate the input stages of antecedents, transactions process, and outcomes in education and training as one of the programs in SETUKPA LEMDIKLAT POLRI. This type of research is qualitative using the Countenance Stake evaluation model which consists of three stages, namely: antecedents, transactions, and outcomes. The subjects in this study consisted of 30 trainees who were selected by purposive sampling. Data were collected through interviews, and observations. The results showed that at the antecendent evaluation stage, educators are still lacking in innovating online learning planning adjustments with models or learning schemes that are planned in advance. At the transaction evaluation stage, indicators of online learning strategies and interactive online learning do not meet the evaluation standards. The training participants stated that it was less than optimal and the synchronous interaction that occurred in the online KBM conducted by the Setukpa Lemdiklat Polri. At the outcome evaluation stage, indicators of student satisfaction with online learning, not meet the specified standards. This can be seen from the absence of a discussion forum to measure the satisfaction of online learning activities that are followed by students and the absence of online learning assessments by Gadik in the Setukpa Lemdiklat POLRI environment. Keywords: Evaluation, online learning, pandemic, Countenance Stake

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Agus Dudung, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Wardani Rahayu, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 13084 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:10
Last Modified: 03 Feb 2022 06:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22343

Actions (login required)

View Item View Item