PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI MAHASISWA PGSD STKIP SEBELAS APRIL SUMEDANG)

ENCEP IMAN HADI SUNARYA, . (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI MAHASISWA PGSD STKIP SEBELAS APRIL SUMEDANG). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (940kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi model pembelajaran inkuiri dan sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir divergen mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain yang digunakan adalah desain penelitian treatment by level. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan PGSD semester dua, kelas C dan kelas D. tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan dipilih menggunakan teknik multiple stage random sampling. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian yang diperoleh kesimpulan yaitu, pertama, model pembelajaran guided inkuiry dan free inkuiry dapat mempengaruhi kemampuan berpikir divergen mahasiswa. kedua, Terjadi interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir divergen PLH. ketiga Pada kelompok mahasiswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi kemampuan berpikir divergen PLH antara mahasiswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing kelompok tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan yang menggunakan model inkuiri bebas. keempat, Pada kelompok mahasiswa yang memiliki sikap ilmiah rendah memiliki perbedaan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing signifikan dibandingkan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas. Hasil penelitian ini yaitu dosen harus dapat menciptakan lingkungan belajar yang dapat mengembangkan sikap ilmiah mahasiswa melalui model pembelajaran yang menarik, inspiratif, dan sesuai materi pelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir divergen mahasiswa. This study aims to determine the effect of the interaction of inquiry learning models and scientific attitudes on divergent thinking skills in Environmental Education courses. This type of research is quantitative, the research method used is experimental. The design used is aresearch design treatment by level. The sample in this study were students majoring in PGSD in the second semester, class C and class D. for the 2020/2021 academic year. The sample used was selected using multiple stage random sampling technique. The research data obtained were analyzed using a two-way analysis of variance (ANAVA) technique. The results of the study concluded that, first; learning models guided inquiry and free inquiry can affect students' divergent thinking skills. second; there is an interaction between the inquiry learning model and scientific attitude towards the divergent thinking ability of PLH. Third; In the group of students who have a high scientific attitude, the ability to think divergently in PLH between students who are taught using the Guided Inquiry learning model, the group does not have a significant difference with those who use the free inquiry model. Fourth; by using the group of students who have low scientific attitudes has a significant difference being taught using the Guided Inquiry learning model compared to using the free inquiry learning model. The results of this study are that lecturers must be able to create a learning environment that can develop students' scientific attitudes through interesting, inspiring, and appropriate learning models to improve students' divergent thinking skills

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Martini Jamaris, M. Sc., Ed 2. Prof. Dr. Yetti Supriyati, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 13132 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:55
Last Modified: 07 Feb 2022 02:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22348

Actions (login required)

View Item View Item