PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI GETARAN HARMONIS SEDERHANA DILENGKAPI SOAL-SOAL BERPIKIR KREATIF

MUHAMMAD IQBAL, . (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI GETARAN HARMONIS SEDERHANA DILENGKAPI SOAL-SOAL BERPIKIR KREATIF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics) pada materi getaran harmonis sederhana yang dilengkapi dengan soal-soal berpikir kreatif. Metode yang digunakan adalah R&D (research and development) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini telah melalui tahap validasi dan uji coba lapangan. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan 65,6%, hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan 70%, dan hasil validasi oleh ahli pembelajaran menunjukkan 89%. Pada hasil uji coba oleh guru menunjukkan 98,8% dan hasil uji coba oleh peserta didik SMAIT kelas XI menunjukkan 77,2%. Untuk mengetahui keefektifan produk, maka peserta didik diberikan pretest dan posttest kemudian hasil dari tes tersebut diolah dengan uji N-Gain. Hasil rata-rata dari uji N-Gain sebesar 0,26 menunjukkan keefektifan produk pada interpretasi rendah. Hasil dari validasi dan uji coba lapangan menunjukkan video pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran tetapi memiliki tingkat keefektifan yang rendah untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata-kata Kunci: Video pembelajaran, STEM, berpikir kreatif, getaran harmonis sederhana. *********** This study aims to develop STEM-based learning videos (science, technology, engineering, and mathematics) on simple harmonic motion equipped with creative thinking questions. This study uses the R&D (research and development) method with the ADDIE research model. This study has gone through the validation and field trial. The results of validation by media expert showed 65,6%, by material expert showed 70%, and by learning expert showed 89%. The results of trial done by teacher showed 98,8% and by students of SMAIT class XI showed 77,2%. To determine the effectiveness of the product, students are given a pre-test and post-test, the results of the test are processed by the N-Gain test. The average result of the N-Gain test is 0.26, which indicates the effectiveness of the product at low interpretation. The results of the validation and field trial show that the learning videos developed are suitable yet less effective as a learning media. Keywords: Learning video, STEM, creative thinking, simple harmonic motion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Anggara Budi Susila, M.Si. ; 2). Prof.Dr. I Made Asta, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 13136 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:25
Last Modified: 08 Feb 2022 04:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22387

Actions (login required)

View Item View Item