PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI TATA RIAS PENGANTIN SUNDA SIGER

RIRI PURSARI, , (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI TATA RIAS PENGANTIN SUNDA SIGER. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan dan mengetahui efektivitas media augmented reality pada materi tata rias pengantin sunda siger. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Research and Development (R & D) dengan menggunakan model instruksional ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun rumusan masalah dalam penelitian dan pengembangan ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimanakah prosedur proses mengembangkan Augmented Reality sebagai media pada materi Tata Rias Pengantin Sunda Siger? Apakah Augmented Reality efektif dan layak digunakan sebagai media pada mata kuliah Tata Rias Pengantin Sunda Siger?. Sampel penelitian ini adalah 40 mahasiswa program studi pendidikan tata rias Universitas Negeri Jakarta. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan media augmented reality ini menggunakan model instruksional ADDIE. (2) Hasil uji kelayakan media augmented reality divalidasi oleh ahli materi dan divalidasi ahli media serta diperkuat dengan data pendukung yaitu evaluasi oleh mahasiswa sehingga media augmented reality dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan uji kelayakan oleh validasi ahli di dapat skor 80,9 angka tersebut masuk kategori sangat layak. (3) Hasil uji efektivitas adalah ada pengaruh media augmented reality pada materi tata rias pengantin sunda siger. Adapun hasil perhitungan nilai signifikasi perbedaan dari hasil t-hitung = 38.971, dan p-value = 0.00 < 0.05, yang artinya terdapat perbedaan signifikan hasil belajar tata rias pengantin sunda siger pada mahasiswa pendidikan tata rias Universitas Negeri Jakarta sebelum dan sesudah diberi perlakukan berupa model pembelajaran augmented relaity. Disimpulkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar tata rias pengantin sunda siger mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Rias Pengantin Universitas Negeri Jakarta.  *********** ABSTRACT This research aims to determine the feasibility and determine the effectiveness of augmented reality media on Sunda Siger bridal makeup material. The research method used in this study is the Research and Development (R & D) method using the ADDIE instructional model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The sample of this research was 40 students of the cosmetology study program, State University of Jakarta. Data collection was carried out using a questionnaire and test instrument. The results showed that: (1) The development of this augmented reality media used the ADDIE instructional model. (2) The results of the feasibility test of augmented reality media were validated by material experts and validated by media experts and strengthened by supporting data, namely evaluations by students so that augmented reality media was categorized as very feasible to be used in learning. (3) The results of the effectiveness test are that there is an effect of augmented reality media on the Sunda Siger bridal makeup material. The results of the calculation of the significance value of the difference from the results of t-count = 38.971, and p-value = 0.00 < 0.05, which means that there is a significant difference in learning outcomes of Sunda Siger bridal makeup on students of Jakarta State University cosmetology education before and after being treated in the form of a model. augmented reality learning. It was concluded that the learning model developed was effective in improving the learning outcomes of Sunda Siger bridal makeup for students of the Cosmetology Education Study Program, Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Jenny Sista Siregar, M.Hum. ; 2). Dr. Sitti Nursetiawati, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 13157 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2022 06:05
Last Modified: 10 Feb 2022 06:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22393

Actions (login required)

View Item View Item