PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BUKU ELEKTRONIK PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO, FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

IMAM NURSYAHIED, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BUKU ELEKTRONIK PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO, FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. Abstrak-Lampiran.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (506kB)
[img] Text
bab III.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Jurnal_Imam_Nursyahied_5115111689.pdf

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran menggambar teknik elektro berbasis buku elektronik. Penelitian yang dilakukan di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta pada semester 103 tahun ajaran 2015/16 ini menggunakan metode research and development (R&D), dengan model pengembangan Four-D models tanpa tahapan penyebaran (desseminate). Media pembelajaran ini diuji kelayakannya kepada ahli media dan ahli materi. Setelah diuji kelayakannya, kemudian di uji coba kepada mahasiswa untuk mendapatkan penilaian opini mengenai media yang telah dibuat. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi terhadap media pembelajaran untuk tiga aspek yang dinilai dengan 17 pertanyaan didapat nilai rata-rata untuk aspek kesesuaian materi dengan topik dan substansi yaitu 100%, kualitas pembelajaran 86,7%, teknik penyajian 86,7% dengan rata-rata keseluruhan aspek yaitu 91,1%. Hasil uji kelayakan oleh ahli media terhadap simulasi pembelajaran untuk empat aspek yang dinilai dengan 22 pertanyaan didapat nilai rata-rata untuk aspek penyajian struktur yaitu 90%, penyajian tampilan 82,5%, ilustrasi 93,3%, dan petunjuk 82,85% dengan rata-rata keseluruhan aspek yaitu 85%. Hasil uji coba oleh mahasiswa terhadap media pembelajaran untuk empat aspek yang dinilai dengan 24 pertanyaan didapat nilai rata-rata untuk aspek pengenalan yaitu 88,3%, materi pembelajaran 86,5%, ilustrasi 86,8%, dan Evaluasi 86,8% dengan rata-rata keseluruhan aspek yaitu 87,1%. Berdasarkan hasil dari uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media serta uji coba ke mahasiswa, dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan media pembelajaran sudah dinyatakan memiliki kualitas sangat baik. Artinya media pembelajaran yang dibuat untuk mata kuliah gambar teknik sudah layak dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran dalam mata kuliah gambar teknik di jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Readysal Monantun ; 2). Aris Sunawar, S.Pd., MT,
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Dec 2019 12:25
Last Modified: 11 Dec 2019 12:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2240

Actions (login required)

View Item View Item