PROGRAM LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA DALAMMENGEMBANGKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA Studi Deskriptif : SMPN 3 Depok, Jawa Barat

Sintiya, . (2022) PROGRAM LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA DALAMMENGEMBANGKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA Studi Deskriptif : SMPN 3 Depok, Jawa Barat. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (673kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Sintiya (1407617042), Program LDKS dalam Mengembangkan Karakter Kepemimpinan Siswa (Studi Deskriptif : SMPN 3 Depok, Jawa Barat. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran Program LDKS dalam mengembangkan karakter kepemimpinan siswa di SMPN 3 Depok, Jawa Barat Tahun 2020. Populasi penelitian ini adalah kelas 7 dan kelas 8 yang mengikuti Program LDKS di SMPN 3 Depok, Jawa Barat. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling dengan subjek penelitian sebanyak 95 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program LDKS ini mengembangkan karakter kepemimpinan siswa melalui serangkaian kegiatan seperti pemberian materi, yel-yel gembira, temu ekskul, makrab, caraka, api unggun, renungan, dan outbound yang direncanakan dengan melibatkan banyak orang yaitu guru-guru sebagai panitia pelaksana dan bekerjasama dengan TNI AD untuk tujuan dan harapan seseorang dapat memupuk jiwa yang bertanggung jawab, amanah, dan bekerja keras, menanamkan rasa disiplin yang tinggi, dapat bekerja sama secara maksimal, dan dapat memimpin di lingkungan sekolah. Adapun karakteristik kepemimpinan yang dikembangkan melalui Program LDKS teradapat 6 karakter meliputi : keterampilan berkomunikasi dengan kategori cukup baik (60%), kemampuan mempengaruhi orang lain dengan kategori sangat baik (90%), percaya diri dengan kategori baik (79%), kecerdasan berpikir dan emosi dengan kategori sangat baik (86%), dorongan yang kuat untuk memimpin dengan kategori sangat baik (98%), dan keterampilan berorganisasi dengan kategori baik (78%). Kata Kunci : Program LDKS, Mengembangkan Karakter Kepemimpinan Siswa ABSTRACT Sintiya (1407617042), LDKS Program in Developing Student Leadership Characters (Descriptive Study: SMPN 3 Depok, West Java. Thesis. Jakarta: Social Science Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2022. This study uses a descriptive method to describe the process of LDKS planning to cultivate student leadership in SMPN 3 Depok, West Java in 2020. The object of this research is 3 Depok, West Java, 7th and 8th grade students participating in the SMPN LDKS program. Sampling was conducted on 95 research subjects through purposeful sampling. The results of this research show that LDKS plans to cultivate the leadership character of students through a series of activities such as providing materials, happy shouts, extracurricular meetings, makrab, caraka, bonfires, reflections and going abroad, involving many people, that is, teachers as committees. Implement and cooperate with TNI AD to achieve the goals and expectations of a person who can cultivate a responsible, trustworthy and hardworking spirit, instill a high sense of discipline, can work together in the best way, and be able to lead the school environment. There are six characteristics of leadership developed through the LDKS program. This includes organizational skills in a fairly good category (60%), ability to influence others in a very good category (90%), and selfconfidence in a good category (79%). ), Thinking and emotional intelligence in a very good category (86%), strong willingness to lead in a very good category (98%), and organizational skills in a good category (78%). Keywords: LDKS Program, Developing Student Leadership Character

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Desy Safitri, M.Si 2). Achmad Nur Hidayaht, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 13169 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:25
Last Modified: 06 Jul 2022 01:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22444

Actions (login required)

View Item View Item