DINI SUKMA ARIYANI, . (2021) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN EDMODO DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 93 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Edmodo pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Negeri 93 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli, 2021. Eksperimen ini dilakukan dengan tujuan apakah terdapat pengaruh PMRI berbantuan Edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 93 Jakarta. Metode yang digunakan pada eksperimen ini yaitu eksperimen semu dengan populasi terjangkau adalah siswa kelas X SMA Negeri 93 Jakarta. Data yang digunakan didapat dari hasil posttest kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis hasil posttest diuji menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05, didapat nilai t_hitung=2,748 dan t_(tabel )=1,665. t_(hitung )> t_(tabel ,) maka keputusan tolak H_(0 )yang artinya nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen lebih besar daripada siswa kelas kontrol. Besar pengaruh pembelajaran dengan pendekatan PMRI berbantuan Edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 93 Jakarta adalah 0,616 dengan persentase 73% dan berada pada kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia berbantuan Edmodo memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 93 Jakarta. The Effect of The Indonesian Realistic Mathematics Education Approach (PMRI) assisted by Edmodo in Distance Learning (PJJ) on Student’s Mathematical Problem Solving Ability at SMAN 93 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Mathematics Education Study Program. Faculty of Math and Sains. Universitas Negeri Jakarta, Juli 2021. This research was conducted with the aim of knowing wether there is an effect of the PMRI approach assisted by Edmodo in distance learning on the mathematical problem solving ability of students at SMA Negeri 93 Jakarta. This research uses a quasi-experimental method with a population of all students of SMA Negeri 93. The data used is obtained from the results of students mathematical problem solving ability tests. Analysis of students mathematical problem solving ability test results was tested using t-test with a significance level of α=0,05, obtained the value of t-count = 2,748 and t-table = 1,665 so that t_count> t_table , then the decision rejects H0, which means that the average value of students mathematical problem solving abilities in the experimental class is higher that the students in the control class. The magnitude of the effect given is 0,616 with a percentage of 73% and is in the medium criteria. This shows that learning with an Indonesian Realistic Mathematics Education approach assisted by Edmodo has an effect on the mathematical problem solving ability of students at SMA Negeri 93 Jakarta
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Lukman El Hakim, M.Pd. ; 2). Ir. Fariani Hermin Indiyah, MT. |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 13317 not found. |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 05:20 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 05:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22483 |
Actions (login required)
View Item |