Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Self Efficacy Akademik Siswa Kelas XI SMA Kolese Gonzaga

Francisca Elizabeth Gazali, . (2018) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Self Efficacy Akademik Siswa Kelas XI SMA Kolese Gonzaga. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (25kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (325kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
11.a. BAB 1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
11.b. BAB 2.pdf

Download (343kB)
[img] Text
11.c. BAB 3.pdf

Download (200kB)
[img] Text
11.d. BAB 4.pdf

Download (375kB)
[img] Text
11.e. BAB 5.pdf

Download (70kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (866kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan self efficacy akademik pada siswa kelas XI SMA Kolese Gonzaga. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen bentuk non equivalent control group design. Kelompok eksperimen menerima perlakuan berupa delapan sesi konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik yang diselenggarakan dua hingga tiga kali dalam seminggu. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa kelas XI jurusan IPA dan IPS SMA Kolese Gonzaga tahun pelajaran 2017-2018. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan bentuk purposive sampling. Siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang dengan skor self efficacy akademik berada dalam kategori sangat rendah dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini adalah instrumen Collage Academic Self Efficacy (CASE) dari Owen dan Froman (1988), dengan lima pilihan dalam skala likert, yang terdiri dari 33 butir valid dengan reliabilitas menggunakan Croanbach’s Alpha sebesar 0,886. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Wilcoxon signed rank test dengan membandingkan gain score kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan p = 0,008 < 0,05 (signifikan), diinterprestasikan bahwa terdapat perbedaan gain score kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sehingga penelitian dapat MENERIMA Ha dan MENOLAK Ho. Dengan demikian, konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik memberi pengaruh positif dalam meningkatkan self efficacy akademik siswa.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Susi Fitri, M.Si., Kons 2) Dr Gantina Komalasari, M. Psi
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S2 Bimbingan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Dec 2019 11:13
Last Modified: 27 Jan 2020 14:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item