STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN HIGHER ORDER THINKING (HOT) PADA KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS DI KELAS V SDN 01 MENTENG JAKARTA PUSAT

GRACIA EMMANUELLA, . (2018) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN HIGHER ORDER THINKING (HOT) PADA KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS DI KELAS V SDN 01 MENTENG JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (413kB)
[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I-V.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat cara guru mengembangkan Higher Order Thinking pada peserta didik kelas V melalui membaca kritis. penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Menteng Jakarta Pusat pada bulan Januari 2018 menggunakan metode pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik SDN 01 Menteng Jakarta Pusat sudah dapat berpikir tingkat tinggi dimana guru mampu mengembangkan berpikir tingkat tinggi tersebut melalui membaca kritis yaitu menugaskan anak dalam membaca teks, lalu menyimpulkan, membacakan teks didepan kelas dan membuat mind map. Dari hasil observasi peserta didik kelas V mampu menyimpulkan teks dengan mendengarkan teks yang dibacakan didepan kelas. Peserta didik kelas V pun mampu kreatif dalam mengkreasikan teks tersebut dijadikan sebuah mind map dengan bagus dan kreatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Syarif Sumantri, M.Pd 2) Dr. Gusti Yarmi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Dec 2019 12:06
Last Modified: 12 Dec 2019 12:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item View Item