PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) TERHADAP BELANJA MODAL PEMERINTAH DAERAH (PADA KAB/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2014-2016)

saiful huda, . (2017) PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) TERHADAP BELANJA MODAL PEMERINTAH DAERAH (PADA KAB/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2014-2016). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Jurnal Safiul Huda 8105133095.pdf

Download (426kB)
[img] Text
SKRIPSI SAFIUL HUDA 8105133095.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Modal, (2) Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Modal, (3) Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Modal, serta (4) pendapataan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Modal. Subjek dalam penelitian ini adalah Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, dan objek penelitian adalah Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus dan Belanja Modal. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 32 Kab/Kota di Jawa Tengah yang bersumber dari Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari tahun 2014-2016 yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan t-statistik dan F-statistik serta koefisien determinasi. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa: (1) Pendapatan Asli Daerah berpengaruh terhadap Belanja Modal, (2) Dana Alokasi Umum berpengaruh terhadap Belanja Modal, (3) Dana Alokasi Khusus tidak berpengaruh terhadap Belanja Modal, dan (4) secara bersama-sama Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus berpengaruh terhadap Belanja Modal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:43
Last Modified: 24 Feb 2022 03:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22630

Actions (login required)

View Item View Item