PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK HANG TUAH 1 JAKARTA

RUTH FRANSISKA LAMBOK, . (2017) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK HANG TUAH 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi RUTH FRANSISKA LAMBOK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran, Akuntasi, Pemasaran dan Multimedia SMK Hang Tuah 1 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan April sampai dengan bulan Juni. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasioanal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan Administrasi Perkantoran, Akuntasi, Pemasaran dan Multimedia yang berjumlah 280 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 115 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel Y (Hasil Belajar) merupakan data sekunder yang didapat dari data hasil belajar berdasarkan ulangan harian pada bulan Mei 2017 sedangkan data variabel X1 (Efikasi Diri) instrument yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan model skala likert serta data variabel X2 (Kemandirian Belajar) instrument yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan model skala likert. Sebelum digunakan, dilakukan uji coba validitas konstruk (construct validity ) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji realibilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil realibilitas variabel X1 sebesar 0.885 dan mebuktikan bahwa instrumen tersebut realible. Teknik analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Komolgrov Smirnov Z dan didapat nilai X1 sebesar 0,357 X2 sebesar 0,350 dan Y sebesar 0,113 yang semuanya lebih besar dari signifikan 0,05 maka data berdistribusi normal. Kemudian mencari uji asumsi klasik yaitu uji multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Dari hasil uji multikolinieritas nilai tolerance sebesar 0,618 yang lebih besar dari 0,1 dan VIF kurang dari 10 yaitu 1,617 dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi masalah multikolinieritas. Selanjutnya mencari uji heteroskedastisitas dengan uji spearman’s rho, yang menghasilkan nilai signifikan X1 0,311 dan X2 0,384. Karena nilai signigikan lebih dari 0,05 maka tidak terjadi masalah heteroskedastisitas. Persamaan regresi yang didapat adalah Y = 26,996+1,431X1+0,183X2. Uji yaitu uji F dalam table ANOVA, diketahui Fhitung 108,778 > Ftabel 3,07 Uji t menghasilkan thitung dari kemandirian belajar 2,874 > ttabel 1,981 dan thitung dari efikasi diri sebesar 9,603>ttabel 1,981. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh hasil 66% siswa 34% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada siswa di SMK Hang Tuah 1 Jakarta. The research aims to determine whether there is influence of self efficacy and independent learning to learning outcomes on first grade students majoring in administration of Accounting, Accounting, Marketing and Multimedia on Vocational High School Hang Tuah 1 Jakarta. The research was conducted for three months from April to June. The research method used is survey method with correlation approach. The population in this research is students majoring in Office Administration, Accounting, Marketing and Multimedia with total 280 students. The sample used in this research is 115 students by using proportional random sampling technique. Data of variable Y (Learning Results) is secondary data obtained from learning outcomes based on daily exam in May 2017 while the data of variable X1 (Self Efficacy) instrument used is a questionnaire model using Likert scale model and data of variable X2 (Independent of Learning ) instrument used is a questionnaire using Likert scale model. Before using the data, a test of the validity of the construct (construct validity) through the validation process is the calculation with Alpha Cronbach formula. The result of the reliability test of the variable X1 is 0.885 and the instrument is realible. Technique of analysis with normality test using Komolgrov Smirnov Z method and the value of X1 equal to 0,357 and the value of X2 equal to 0,350 and the value of Y equal to 0,113 which all bigger than significant 0,05 hence the distribution of the data is normal. Then writed conducted multicollinearity test and heteroscedasticity. From the results of multicollinearity test of 0.618 tolerance value greater than 0.1 and VIF less than 10 that is 1.617 can be concluded there is no multicollinearity problem. Next the writer conducted heteroscedasticity test with spearman's rho test, which produced significant X1 0,311 and X2 0,384. Because the signi ficant value is greater than 0.05 there is no heteroscedasticity problem. The regression equation obtained is Y = 26,996 + 1,431X1 + 0,183X2. Test of F test in ANOVA table, Influence Fcount 108.778> Ftable 3.07. Test t produced Tcount from independent learnoing is 2,874> Ttabel 1,981 and Tcount of self efficacy equal to 9,603> Ttabel 1,981. The determination coefficient test obtained results is 66%, the remaining is 34% influenced by other factors not examined students by other factors not examined. The result of this research is there is a positive and significant influence between self efficacy and learning independence on student learning outcomes Vocational High School Hang Tuah 1 Jakarta students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Feb 2022 05:42
Last Modified: 24 Feb 2022 05:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22647

Actions (login required)

View Item View Item