PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK NEGERI 40 JAKARTA.

Rosaria Widiastuti, . (2017) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK NEGERI 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi rosaria.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
Image
progress_border.png

Download (371B) | Preview
[img] Other
Jurnal Rosaria Widiastutii.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar, pengaruh motivasi belajar dengan prestasi belajar, serta pengaruh lingkungan sekolah, motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa di SMK Negeri 40 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan terhitung sejak bulan Maret sampai Juni 2017. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 40 Jakarta berjumlah 506 siswa, dengan populasi terjangkau seluruh kelas X berjumlah 171 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan proportional random sampling dengan jumlah sampel 114 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi untuk data sekunder dan kuesioner untuk primer. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, dan uji linearitas, uji asumsi klasik meliputi uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang meliputi uji F, dan uji t, serta koefisien determinasi. Teknik analisis data menggunakan program IBM SPSS Statistic 21 di mulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu teknis uji normalitas dengan menggunakan metode Kolmogorov Smirnov Z, dan di dapat X1 sebesar 0,140, X2 sebesar 0,526, dan Y sebesar 0,134. Uji linearitas X1 dengan Y, dan X2 dengan Y nilai signifikan linearity sebesar 0,000 yang berasumsi bahwa antara hubungan linearitas lingkungan dengan prestasi belajar, dan motivasi belajar dengan prestasi belajar terpenuhi taraf signifikan pada linearity < 0,05. Dari hasil uji asumsi klasik, uji multikolinearitas nilai tolarance sebesar 0,940 > 0,1, dan VIF < 10 yaitu 1,064. Uji heteroskedastisitas yang menghasilkan nilai signifikan X1 sebesar 0,350 dan X2 sebesar 0,300. Persamaan regresi yang di dapat adalah Ŷ= 32,974 + 0,330 X1 + 0,250 X2. Uji hipotesis meliputi uji F dalam tabel ANOVA diketahui Fhitung 37,550 > Ftabel 3,08. Uji t menghasilkan thitung 5,864 dari lingkungan sekolah > ttabel 1,658 dan thitung 4,752 dari motivasi belajar > t tabel 1,658. Uji koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 40,4%, sisanya sebesar 59,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Semakin lingkungan sekolah yang kondusif dan motivasi belajar tinggi, maka prestasi belajar pun meningkat. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa di SMK Negeri 40 Jakarta This research aims to determine the effect of school environment with learning achievement, the influence of learning motivation with learning achievement, and the influence of school environment, learning motivation on student achievement in SMK Negeri 40 Jakarta. This research was conducted for 4 months starting from March until June 2017. This research used survey method with correlation approach. The population in this study is the students of SMK Negeri 40 Jakarta amounted to 506 students, with an affordable population of the entire class X amounted to 171 students. Technique of sampling research use proportional random sampling with sample number 114 student. Data collection techniques used documentation techniques for secondary data and questionnaires for the primary. The data analysis technique is analytical requirement test which includes normality test, and linearity test, classical assumption test include multicollinearity test, and heteroscedasticity test, multiple linear regression test, hypothesis test which includes F test and t test, and coefficient of determination. Data analysis technique using IBM SPSS Statistic 21 program started by looking for test requirement analysis that is technical normality test using Kolmogorov Smirnov Z method, and in X1 can equal to 0,140, X2 equal to 0,526, and Y equal to 0,134. Linearity test of X1 with Y, and X2 with Y significant linearity value of 0.000 which assumed that between the relationship of environmental linearity with academic achievement, and learning motivation with academic achievement fulfilled significant level on linearity < 0,05. From the results of the classic assumption test, multicolinearity test of tolarance value of 0.940 > 0,1, and VIF < 10 is 1.064. Heteroskedasticity test that yields significant value of X1 of 0.350 and X2 of 0.300. The regression equation in can is Ŷ = 32,974 + 0,330 X1 + 0,250 X2. Hypothesis test includes test of F in ANOVA table known Fcount 37,550 > Ftabel 3,08. The t test yielded t count 5,864 from school environment > ttabel 1,658 and tcount 4,752 from learning motivation> ttabel 1,658. Test the coefficient of determination obtained results of 40.4%, the rest of 59.6% influenced by other factors not examined. The more conducive school environment and higher learning motivation, the learning achievement increases. The conclusion of this research is there are positive and significant influence between school environment, and learning motivation to acdemic achievement on SMK Negeri 40 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Feb 2022 06:01
Last Modified: 24 Feb 2022 06:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22651

Actions (login required)

View Item View Item