HUBUNGAN ANTARA SUASANA TOKO DAN DISKON DENGAN PEMBELIAN TIDAK TERENCANA MATAHARI DEPARTEMENT STORE MALL ARION RAWAMANGUN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

RIZKY ARAFA DWIRIYANTO, . (2017) HUBUNGAN ANTARA SUASANA TOKO DAN DISKON DENGAN PEMBELIAN TIDAK TERENCANA MATAHARI DEPARTEMENT STORE MALL ARION RAWAMANGUN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Rizky Arafa Dwiriyanto.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 5 bulan terhitung sejak Maret 2017 sampai dengan Juli 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara suasana toko dengan pembelian tidak terencana dan hubungan antara diskon dengan pembelian tidak terencana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling sebanyak 114 orang. Persamaan regresi Ŷ = 37,949 + 0,658X1 dan Ŷ = 39,761 + 0,662X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas (Normality Test) menggunakan Kolmogorov Smirnov dengan hasil pengujian yaitu signifikasi pembelian tidak terencana (variabel Y) sebesar 0,095 dengan Asymp. Sig. (2- tailed) sebesar 0,014. Untuk signifikasi suasana toko (variabel X1) sebesar 0,095 dengan Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,013 dan signifikasi diskon (variabel X2) sebesar 0,2 dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,070. Karena data mempunyai signifikasi lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,618 dengan nilai signifikasi atau sig. (2-tailed) sebesar 0,000 untuk suasana toko (variabel X1) dengan pembelian tidak terencana (variabel Y) dan rxy = 0,596 dengan nilai signifikasi atau sig. (2-tailed) sebesar 0,000 untuk diskon (variabel X2) dengan pembelian tidak terencana (variabel Y). Karena mempunyai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Tahap selanjutnya dilakukan uji-t dan dihasilkan thitung 8,317 > ttabel 1,983 untuk X1 dengan Y dan thitung 7,852 > ttabel 1,983 untuk X2 dengan Y. Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil perhitungan uji-t tersebut adalah bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,382 yang menunjukan 38,2% variabel pembelian tidak terencana ditentukan oleh suasana toko dan 0,355 yang menunjukan bahwa 35,5% variabel pembelian tidak terencana ditentukan oleh diskon. This research was conducted on the students of Study Program of Education of Commerce Faculty of Economics at State University of Jakarta, for five months from March 2017 until July 2017. The purpose of this research is to know the relationship between store atmosphere with impulse buying and between discount with impulse buying. The research method used is survey method with correlational approach. The sampling technique used is purposive sampling technique of 114 people. The resulting regression equation is Ŷ = 37.949 + 0.658X1 and Ŷ = 39.761 + 0.662X2. Test requirement analysis that is test of normality (Normality Test) using Kolmogorov Smirnov with test result that is impulse buying significance (variable Y) equal to 0,095 with Asymp. Sig. (2- tailed) of 0.014. For store atmosphere significance (variable X1) of 0.095 with Asymp. Sig. (2-tailed) of 0.013 and the discount significance (variable X2) of 0.2 with Asymp. Sig. (2-tailed) of 0.070. Because the data has a significance greater than 0.05 it can be concluded that the data is normally distributed. Perason Product Moment correlation coefficient produces rxy = 0,618 with signification or sig value. (2-tailed) 0.000 for store atmosphere (variable X1) with impulse buying (variable Y) and rxy = 0,596 with signification or sig value. (2-tailed) of 0,000 for discount (variable X2) with impulse buying (variable Y). Because it has a significance smaller than 0.05 it can be concluded that there is a positive and significant relationship. The next stage is t-tested and is produced tcount 8.317 > ttable 1,983 for X1 with Y and tcount 7,852> ttable 1,983 for X2 with Y. Thus, it can be concluded that t-test calculation results is that there is a positive and significant relationship. The coefficient of determination obtained by 0.382 indicating 38.2% variable impulse buying is determined by the store atmosphere and 0.355 which shows that 35.5% variable impulse buying is determined by discount

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Feb 2022 06:24
Last Modified: 24 Feb 2022 06:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22655

Actions (login required)

View Item View Item