PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR BERSAMA SAMSAT KOTA JAKARTA TIMUR

NURFATHIR RIZKIANI, . (2021) PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR BERSAMA SAMSAT KOTA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di Kantor Bersama SAMSAT Kota Jakarta Timur. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi di dalam penelitian ini yaitu seluruh wajib pajak kendaraan bermotor aktif yang tercatat di Kantor Bersama SAMSAT Kota Jakarta Timur yaitu sebanyak 923.524 dan sampelnya sebanyak 150 wajib pajak kendaraan bermotor aktif yang tercatat di Kantor Bersama SAMSAT Kota Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampelnya yaitu dengan Convenience Sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menyebar kuisioner atau angket kepada 150 wajib pajak kendaraan bermotor aktif yang tercatat di Kantor Bersama SAMSAT Kota Jakarta Timur. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor dengan nilai t hitung sebesar 4,079 > t tabel sebesar 1,976. 2) kualiatas pelayanan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor dengan nilai t hitung sebesar 4,274 > t tabel sebesar 1,976. 3) sanksi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor dengan nilai t hitung sebesar 0,747 < t tabel sebesar 1,976. 4) secara simultan kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor dengan nilai f hitung sebesar 35,942 > f tabel sebesar 2,67. Nilai R square yang diperoleh yaitu sebesar 0,422, berarti kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak memberikan pengaruh sebesar 42,2% terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Sedangkan sisanya sebesar 57,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini. Kata Kunci: kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, sanksi pajak, dan kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor The purpose of this research is to find the effect of taxpayer awareness, quality of service, and tax pinalty on taxpayer compliance in paying motor vehicle tax at Kantor Bersama SAMSAT Jakarta Timur. The methode used in this research is quantitative method. The population in this research are all active motorized vehicle taxpayers registered at Kantor Bersama SAMSAT Jakarta Timur as many as 923.524 and the sample is 150 active motorized vehicle taxpayers registered at Kantor Bersama SAMSAT Jakarta Timur. The sampling technique is convenience sampling. The data was collected by distributing questionnaires to 150 active motorized vehicle taxpayers registered at Kantor Bersama SAMSAT Jakarta Timur. The data analysis technique used in multiple regression analysis. The result in this research is: 1) taxpayer awareness has a positive and significant effect on taxpayer compliance in paying motor vehicle tax with a t count of 4,079 > t tabel of 1,976. 2) quality of service has a positive and significant effect on taxpayer compliance in paying motor vehicle tax with a t count of 4,274 > t tabel of 1,976. 3) tax penalty does not effect on taxpayer compliance in paying motor vehicle tax with a t count of 0,747 < t tabel of 1,976. As simultaneously of taxpayer awareness, quality of service, and tax penalty have a positive and significant effect on taxpayer compliance in paying motor vehicle tax with a f count of 35,942 > f tabel of 2,67. The value of R square is 0,422, the meaning is taxpayer awareness, quality of service, and tax penalty have a effect of 42,2% on taxpayer compliance in paying motor vehicle tax. While the remaining 57,8% is influenced by other variables not examined in this research. Keywords: taxpayer awareness, quality of services, tax penalty, and compliance motor vehicle tax

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Prof, Dr. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si. ; Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Pajak dan Perpajakan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 13338 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2022 13:35
Last Modified: 25 Feb 2022 13:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22754

Actions (login required)

View Item View Item