HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN PENDAPATAN KELUARGA DENGAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN

SITI NUR AISYAH, . (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN PENDAPATAN KELUARGA DENGAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan lingkungan dan pendapatan keluarga dengan keputusan konsumen dalam membeli produk ramah lingkungan. Pengumpulan data pada bulan November 2020-Januari 2022 dengan instrumen online. Responden pada penelitian ini melibatkan 202 kader di Kelurahan Pesanggrahan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Hasil uji korelasi pearson menunjukkan bahwa pengetahuan lingkungan memiliki hubungan positif dan signifikan dengan keputusan konsumen dalam membeli produk ramah lingkungan (r = 0,165, p<0,05). Hasil ini berarti bahwa semakin tinggi pengetahuan lingkungan maka semakin tinggi keputusan konsumen dalam membeli produk ramah lingkungan, dan semakin rendah pengetahuan lingkungan maka semakin rendah keputusan konsumen dalam membeli produk ramah lingkungan. Selanjutnya, pada uji korelasi pearson menunjukkan bahwa pendapatan keluarga berhubungan positif signifikan dengan keputusan konsumen dalam membeli produk ramah lingkungan (r = 0,178, p<0,05). Hasil ini berarti bahwa semakin tinggi pendapatan keluarga maka semakin tinggi keputusan konsumen dalam membeli produk ramah lingkungan, dan semakin rendah pengetahuan lingkungan maka semakin rendah keputusan konsumen dalam membeli produk ramah lingkungan. Selanjutnya pada uji korelasi berganda menujukkan bahwa pengetahuan lingkungan dan pendapatan keluarga secara bersama-sama terdapat hubungan positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk ramah lingkungan (r = 0,242, Fhitung 6,194 > Ftabel 3,04 dengan tingkat signifikansi 0,002 < 0,05). Kata kunci: keputusan pembelian, pendapatan keluarga, pengetahuan lingkungan. This study aims to determine the relationship between the environment and family income with consumer decisions in purchasing environmentally friendly products. Data collected in November 2020-January 2022 with online instruments. Respondents in this study involved 202 cadres in Pesanggrahan Village using the proportional stratified random sampling technique. The results of the Pearson correlation test show that the environment has a positive and significant relationship with consumers' decisions to purchasing environmentally friendly products (r = 0.165, p <0.05). This result means that the higher the environmental knowledge, the higher the consumer's decision to purchasing environmentally friendly products, and the lower the environmental knowledge, the lower the consumer's decision to purchasing environmentally friendly products. Furthermore, the Pearson correlation test showed that family income was significantly positively related to consumer decisions in purchasing environmentally friendly products (r = 0.178, p <0.05). This result means that the higher the family income, the higher the consumer's decision to purchasing environmentally friendly products, and the lower the knowledge environment, the lower the consumer's decision to purchasing environmentally friendly products. Furthermore, the multiple correlation test shows that the knowledge environment and family income together have a positive and significant relationship to consumer decisions in purchasing environmentally friendly products (r = 0,242, Fcount 6.194 > Ftable 3.04 with a significance level of 0.002 < 0.05). Keywords: purchasing decisions, family income, environmental knowledge

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Shinta Doriza, M.Pd., M.S.E. 2). Vania Zulfa, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 13624 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2022 05:49
Last Modified: 01 Mar 2022 05:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22842

Actions (login required)

View Item View Item