PENGARUH STRES TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA MADRASAH ALIYAH YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK)

NADYA SAFIRA SUGIARTO, . (2021) PENGARUH STRES TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA MADRASAH ALIYAH YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL-NUR EL-KASYSYAF (YAPINK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (974kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stres terhadap kecerdasan emosi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni hingga November 2021 di Madrasah Aliyah Yayasan Perguruan Islam El-Nur El-Kasysyaf (YAPINK), Bekasi, Jawa Barat. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah YAPINK dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden yang dipilih dengan teknik sampel aksidental. Pengumpulan data menggunakan Adolescent Stress Questionnaire (41 butir) dan Revised Emotional Intelligence Scale (33 butir). Penelitian ini menggunakan uji normalitas, linearitas, dan hipotesis sebagai uji pra-syarat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh negatif dan signifikan dari variabel stress terhadap kecerdasan emosi siswa. Semakin rendah tingkat stres maka semakin tinggi kecerdasan emosi yang dimiliki oleh siswa. Stres memberikan pengaruh sebesar 9,5% terhadap kecerdasan emosi, sedangkan 90,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada model. Perlu adanya sosialisasi, upaya pencegahan, dan upaya penanganan stres yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya stres pada siswa. Di sisi lain, siswa harus lebih peka dalam mengenali hal yang dirasakan pada dirinya maupun orang-orang di sekitarnya. This study aims to analyze the effect of stress on students emotional intelligence. This research uses the associative quantitative method. This research was conducted from June to November 2021 at Senior High School El-Nur El-Kasysyaf Islamic Boarding School, Bekasi, West Java. The population in this study was high school students of El-Nur El-Kasysyaf Islamic Boarding School, with a total sample of 150 respondents selected with the accidental sampling technique. Data was collected using the Adolescent Stress Questionnaire (41 items) and the Revised Emotional Intelligence Scale (33 items). This study uses tests of normality, linearity, and hypotheses as a pre-requisite test. The results showed a negative and significant effect of stress on students emotional intelligence. The lower the stress level, the higher the students emotional intelligence. Stress affects 9.5% of emotional intelligence, while the other 90.5% is affected by other factors not examined in the model. Therefore, there needs to be socialization, prevention, and handling efforts to deal with stress by the school to minimize stress on students. On the other hand, students must be more sensitive in recognizing they feel about themselves and those around them.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Maya Oktaviani, M.Pd. 2). Vania Zulfa, M.Pd.
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 13613 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2022 01:24
Last Modified: 02 Mar 2022 01:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22874

Actions (login required)

View Item View Item