PENERAPAN PRINSIP MULTIMEDIA PADA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL DI SMK NEGERI 48 JAKARTA

Meilisa Fauziah, . (2016) PENERAPAN PRINSIP MULTIMEDIA PADA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL DI SMK NEGERI 48 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Meilisa Fauziah_5235117101.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Jurnal_Meilisa Fauziah_5235117101.pdf

Download (702kB)

Abstract

Komposisi Foto Digital merupakan salah satu mata pelajaran produktif pada jurusan Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan. Mata pelajaran Komposisi Foto Digital ini bertujuan agar peserta didik dapat mengetahui cara pengoperasian dan fungsi pada fitur kamera digital. Dalam proses pembelajaran mata pelajaran Komposisi Foto Digital ini masih terdapat kendala diantaranya masih kurangnya fasilitas kamera digital yang disediakan sekolah, sehingga proses pembelajaran menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu peneliti mencoba mengembangkan pembelajaran Komposisi Foto Digital menggunakan media pembelajaran interaktif dengan menerapkan Prinsip Multimedia. Media ini menggunakan media interaktif agar pengguna dapat melihat, mendengar dan berinteraksi dengan pesan yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital, sehingga dengan kurangnya fasilitas kamera digital peserta didik tetap bisa mempelajari cara pengoperasian dan fungsi pada fitur kamera digital dengan menggunakan media pembelajaran interaktif ini. Metode yang digunakan adalah metode perencanaan dan penyusunan aplikasi multimedia. Tahapan pengembangannya adalah menentukan konsep, pembuatan desain, pengumpulan materi, pembuatan produk, dan uji coba produk. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan Adobe Flash CS6. Berdasarkan uji fungsionalitas, seluruh bagian pada aplikasi ini telah berjalan sebagaimana fungsinya sesuai yang diharapkan. Pengembangan aplikasi media pembelajaran interaktif untuk pelajaran Komposisi Foto Digital ini telah melalui beberapa tahap evaluasi, yaitu uji ahli materi, ahli media dan uji responden atau User oleh peserta didik kelas XI Jurusan Multimedia di SMK Negeri 48 Jakarta. Berdasarkan hasil uji coba, kualitas aplikasi media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan menurut respon persepsi 16 siswa adalah 81% dari yang diharapkan (100%). Aplikasi yang telah dikembangkan dapat dikatakan baik sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran Komposisi Foto Digital sehingga pembelajaran mata pelajaran ini dapat menjadi lebih baik dan mencapai hasil yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, M.T., ; 2). Drs. Bachren Zaini, M.Pd,
Subjects: Sains > Matematika > Software, Sistem Informasi Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 13 Dec 2019 11:32
Last Modified: 13 Dec 2019 11:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item View Item