PERILAKU KEAGAMAAN ISLAM ANAK USIA 7-8 TAHUN (Studi Kasus di Asrama Griya Yatim & Dhuafa Cabang Kayumanis, Matraman, Jakarta Timur, 2018)

Hanifah Deriska Sari, . (2018) PERILAKU KEAGAMAAN ISLAM ANAK USIA 7-8 TAHUN (Studi Kasus di Asrama Griya Yatim & Dhuafa Cabang Kayumanis, Matraman, Jakarta Timur, 2018). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (831kB)
[img] Text
4 LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (539kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
12 BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
13 BAB II.pdf

Download (499kB)
[img] Text
14 BAB III.pdf

Download (531kB)
[img] Text
15 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16 BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
18 LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripasikan hingga menemukan pola perilaku keagamaan Islam anak usia 7-8 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di Asrama Griya Yatim & Dhuafa Matraman, Jakarta Timur. Analisis data menggunakan model penjodohan Campbell yang meliputi mendeskripsikan pernyataan umum, memilih pernyataan khusus, dan pengembangan peta konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku keagamaan Islam anak usia 7-8 tahun terbentuk dalam 9 pola perilaku. 9 pola tersebut adalah (1) melibatkan Allah dalam kehidupan sehari-hari, (2) mencontoh perbuatan dan perkataan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari, (3) melaksanakan shalat tepat waktu, (4) terbiasa berdo’a dan berdzikir, (5) melaksanakan puasa, (6) membaca dan menghafal Al-Qur’an, (7) membaca dan menghafal hadits harian, (8) berprilaku lembut dan sopan santun kepada pengasuh, (9) terbisa berbuat baik kepada teman sebaya, dan (10) terbiasa berbuat baik kepada lingkungan sekitar. Dengan hal ini dapat disimpulkan bahwa perilaku keagamaan islam anak usia 7-8 tahun berhubungan erat dengan peran pengasuh dalam menanamkan kesadaran beragama seperti memberikan contoh teladan, pembiasaan, nasihat, dan pengajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Sofia Hartati, M.Si, 2) Dr. Hapidin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Dec 2019 09:24
Last Modified: 16 Dec 2019 09:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2309

Actions (login required)

View Item View Item