MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA PESERTA DIDIK AUTISME MELALUI KEGIATAN TRACING BENTUK-BENTUK SEDERHANA (Penelitian Single Subject Research dengan Peserta Didik Autisme umur 6 tahun di SLB Pelita Hati, Jakarta Timur )

Hara Ratna Ardiana, . (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA PESERTA DIDIK AUTISME MELALUI KEGIATAN TRACING BENTUK-BENTUK SEDERHANA (Penelitian Single Subject Research dengan Peserta Didik Autisme umur 6 tahun di SLB Pelita Hati, Jakarta Timur ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 cover_Hara.pdf

Download (86kB)
[img] Text
3 Lembar Pengesahan_Hara.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 Lembar Orisinalitas_Hara.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 Daftar Isi_Hara.pdf

Download (192kB)
[img] Text
11_a_BAB I_Hara.pdf

Download (269kB)
[img] Text
11_b_BAB II_Hara.pdf

Download (625kB)
[img] Text
11_c_BAB III_Hara.pdf

Download (327kB)
[img] Text
11_d_BAB IV_Hara.pdf

Download (453kB)
[img] Text
11_e_BAB V_Hara.pdf

Download (188kB)
[img] Text
12 Lampiran_Hara.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13 Daftar Pustaka_Hara.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian subyek tunggal ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan motorik halus peserta didik autisme umur 6 tahun di SLB Pelita Hati dapat meningkat melalui penerapan kegiatan tracing berbagai bentuk sederhana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan subyek tunggal dengan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis visual dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan motorik halus khususnya dalam menarik garis vertikal serta horizontal dilihat dari peningkatan skor pada kondisi baseline pertama hingga baseline kedua. Pada kemampuan menarik garis vertikal jumlah skor yang diperoleh pada baseline 1 adalah 3, kemudian jumlah skor yang diperoleh pada baseline kedua adalah 9 . Sedangkan pada kemampuan menarik garis horizontal jumlah skor yang diperoleh pada baseline pertama adalah 3 kemudian jumlah skor yang diperoleh pada baseline kedua adalah 6. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kegiatan tracing berbagai bentuk sederhana cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus khususnya dalam menarik garis vertikal serta horizontal, sehingga kegiatan tracing dapat digunakan oleh guru dalam upaya meningkatkan motorik halus di sekolah, serta digunakan oleh orang tua dirumah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed 2) Dra. Irah Kasirah M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Dec 2019 09:26
Last Modified: 16 Dec 2019 09:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item View Item