PEMAHAMAN GURU TENTANG PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DISEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF (Survey disekolah PenyelenggaraPendidikanInklusif di Wilayah Jakarta Pusat)

Hawa Suchinta, . (2018) PEMAHAMAN GURU TENTANG PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DISEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF (Survey disekolah PenyelenggaraPendidikanInklusif di Wilayah Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (643kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (671kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
11A. BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
11B. BAB II.pdf

Download (277kB)
[img] Text
11C. BAB III.pdf

Download (105kB)
[img] Text
11D. BAB IV.pdf

Download (314kB)
[img] Text
11E. BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru tentang pembelajaran anak berkebutuhan khusus disekolah penyelenggara pendidikan inklusif di Jakarta Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 Sekolah Dasar Negeri yang ditunjuk oleh pemerintah menjadi Penyelenggara pendidikan Inklusif berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nomor 273 Tahun 2012 tentang Penunjukan Pendidikan Inklusif Provinsi DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling untuk memperoleh sampel sekolah mana yang akan dijadikan tempat penelitian, dalam penelitian ini guru kelas yang ditunjuk oleh sekolah yang ada didalamnya anak berkebutuhan khusus. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 guru dari 10 sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggara pendidikan inklusif dan telah dipilih peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dalam bentuk soal pilihan ganda dengan empat pilihan.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman guru tentang pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah penyelengara pendidikan inklusif diJakarta Pusat sudah baik.Implikasi penelitian ini yaitu guru memberikan manfaat kepada peserta didik disekolah penyelenggara pendidikan inklusif untuk meningkatkan layanan pendidikan bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Bahrudin M.Pd 2) Indra Jaya, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Dec 2019 09:28
Last Modified: 16 Dec 2019 09:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2311

Actions (login required)

View Item View Item