PENGEMBANGAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) MENGGUNAKAN CONTENT REPRESENTATION (CoRe) FRAMEWORK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DENGAN METODE INKUIRI

Ariska, . (2015) PENGEMBANGAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) MENGGUNAKAN CONTENT REPRESENTATION (CoRe) FRAMEWORK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DENGAN METODE INKUIRI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Skripsi Ariska_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 di SMA memerlukan kesiapan tenaga pendidik yang menguasai materi pembelajaran sekaligus kemampuan menyampaikannya dalam bentuk pembelajaran terpadu antara materi pelajaran dan keterampilan belajar. Untuk mencapai hal tersebut, dalam penelitian ini dikaji pengembangan kemampuan PCK (Pedagogical Content Knowledge) calon guru menggunakan representasi isi (content representation, CoRe) pada materi hukum dasar kimia melalui pendekatan inkuiri menggunakan media LKS. Metodologi interpretative research dengan paradigma interpretivism, digunakan untuk menganalisis data-data yang diperoleh, yakni; wawancara dengan guru, lembar observasi guru, CoRe framework guru, jurnal reflektif siswa, jurnal reflektif calon guru dan rubrik PCK sebagai instrumen dalam mengukur perkembangan PCK calon guru. Analisis terhadap wawancara guru dan lembar observasi guru, calon guru memperoleh informasi mengenai metode pembelajaran, strategi pembelajaran, kesulitan mengajarkan suatu topik, dan memahami karakteristik siswa. Analisis terhadap CoRe framework guru membantu calon guru dalam menyusun CoRe framework calon guru. Analisis terhadap rubrik PCK calon guru memberikan informasi adanya peningkatan nilai yang semakin tinggi dari pertemuan pertama hingga ke-tiga dengan guru berpengalaman. Hasil tersebut menunjukkan keberhasilan penyusunan CoRe framework dalam meningkatkan PCK calon guru yang dipengaruhi oleh tingginya intensitas pertemuan dengan guru berpengalaman dan pengalaman mengajar di kelas. Oleh karena itu dapat disimpulkan PCK calon guru akan semakin berkembang seiring dengan semakin banyaknya pengalaman mengajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D. ; 2). Arif Rahman, M. Sc.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: .rina kusniwati .
Date Deposited: 16 Dec 2019 16:24
Last Modified: 16 Dec 2019 16:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2324

Actions (login required)

View Item View Item