PERENCANAAN PEMANFAATAN APLIKASI ARDUINODROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN, MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER KELAS X DI SMK NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA

DEWAR ALSAN, . (2022) PERENCANAAN PEMANFAATAN APLIKASI ARDUINODROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN, MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER KELAS X DI SMK NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dunia pendidikan saat ini memiliki tuntutan yang semakin tinggi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, terutama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja yang mampu bersaing di era kemajuan teknologi saat ini. Untuk itu pembelajaran yang dilakukan di kelas haruslah membekali peserta didik dengan kompetensi yang mumpuni. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK adalah mengintegrasikan smartphone menjadi media pembelajaran. Makalah komprehensif ini bertujuan untuk membantu penyusunan perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran teknik pemrograman, mikroprosesor dan mikrokontroler di SMK kelas X dengan kompetensi dasar menerapkan perintah untuk mengakses input dan output port digital dan mengontrol input dan output port digital untuk menyalakan LED, Seven Segment dan LCD Matrik. Dalam makalah komprehensif ini akan dibahas tentang proses penyusunan sebuah perencanaan pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Arduinodroid sebagai media pembelajaran yang meliputi pengkajian silabus, analisis instruksional, pemilihan metode pembelajaran, pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan penyusunan instrumen penilaian untuk mengukur hasil belajar peserta didik sesuai dengan capaian kompetensi yang diharapkan. In current time, educational world faces a very hard challenge to provide high quality human resource, especially for Vocational High School with their purpose to produce workers who can compete in this technologicy era. Therefor, learning activity in class should make the students equipped with excellent competences. To improve the quality of learning process in Vocational High School, smartphone technology could be integrated as instructional media. This comprehensive paper aims to guide for designing an instructional planning on Technical of Programming, Microprocessor and Microcontroller subject for Xth grader of Vocational High School students for basic competences of applying commands to access input and output on digital port and controlling digital port’s input and output to light LED, Seven Segment, and LED Matrix. This comprehensive paper will discuss about arranging an instructional planning by integrating Arduinodroid app as instructional media that consist of studying syllabus, instructional analysis, selecting instruction method, making instructional planning, and making test instrument to measure students’ learning result based on the desired competences.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Arum Setyowati, M.T.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 13932 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2022 04:16
Last Modified: 05 Sep 2022 01:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23311

Actions (login required)

View Item View Item