PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES SCIENTIFIC LITERACY SISWA SMP PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

YUNIKA APRIYANI, . (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES SCIENTIFIC LITERACY SISWA SMP PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (744kB)
[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (886kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Scientific literacy merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa untuk mendukung proses pembelajaran. Pengukuran scientific literacy sangat penting untuk mengetahui sejauh mana peserta didik dalam memahami literasi sains sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Penyusunan instrumen tes scientific literacy merupakan salah satu upaya untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik khususnya di bidang IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes scientific literacy siswa SMP pada materi getaran dan gelombang yang valid dan reliabel serta menginput instrumen tes scientific literacy literacy siswa SMP pada materi getaran dan gelombang dalam learning management system . Instrumen tersebut merupakan hasil difirensiasi dari aspek-aspek scientific literacy menurut PISA. Indikator yang diukur dalam penelitian ini adalah mampu menganalisis suatu model atau suatu permasalahan dan memberikan kesimpulan dari masalah tersebut, mampu memprediksi sesuatu masalah dan membuktikan nya dengan baik, mampu mengaplikasikan suatu konsep untuk memecahkan suatu masalah. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan tes Djamari Mardapi. Hasil dari penelitian ini adalah 20 butir instrumen tes berbentuk essay pada materi getaran dan gelombang yang valid dan reliabel serta instrumen tersebut diinput ke dalam learning management system . Kata Kunci: Pengembangan Instrumen, Scientific literacy, Validitas ************ Abstract Scientific literacy is one of the skills that must be acquired by students to support the learning process. The comprehension of scientific literacy is very important to determine in which extent students understand scientific literacy as an effort to improve the quality of Indonesian education. The preparation of the scientific literacy test instrument is one of the efforts to calculates the scientific literacy ability of students, especially in the field of science. This study aims to develop a scientific literacy test instrument for junior high school students on vibration and wave materials in valid and reliable way and also input the scientific literacy literacy test instrument for junior high school students on vibration and wave material in a learning management system. The instrument is the result of differentiation from aspects of scientific literacy according to PISA. The concerned indicator in this study are being able to analyze a model or a problem and provide conclusions from the problem, being able to predict a problem and prove it well, being able to apply a concept to solve a problem. The method used is development research using the Djamari Mardapi test development model. The results of this study are 20 test instruments in the form of essays in vibration and wave materials which valid and reliable and these instruments are inputted into a learning management system. Keywords: Instrument Development, Scientific Literacy, Validity.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Yetti Supriyati, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Gaguk Margono, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 13953 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2022 08:21
Last Modified: 04 Mar 2022 08:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23356

Actions (login required)

View Item View Item