TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA IKLAN KECANTIKAN DALAM MAJALAH BRIGITTE EDISI JANUARI - OKTOBER 2019

RENATHA PUTRI WRALDA, . (2022) TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA IKLAN KECANTIKAN DALAM MAJALAH BRIGITTE EDISI JANUARI - OKTOBER 2019. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan tuturan yang terdapat pada iklan kecantikan yang terdapat dalam Majalah Brigitte Edisi Januari – Oktober 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya terdapat tiga dari lima jenis tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam data penelitian, yaitu tindak tutur ilokusi Representätiva, tindak tutur ilokusi Direktiva, dan tindak tutur ilokusi Kommisiva. Jenis tindak tutur ilokusi Kommisiva dengan tujuan untuk versprechen atau menjanjikan merupakan yang paling banyak digunakan dalam iklan. Selanjutnya, beberapa tuturan menggunakan tindak tutur ilokusi Representätiva yang bertujuan untuk behaupten atau menegaskan dan feststellen atau menetapkan sesuatu. Terakhir, tindak tutur ilokusi Direktiva yang bertujuan untuk auffordern atau memerintahkan dan bitten atau meminta menjadi jenis tindak tutur ilokusi yang paling sedikit digunakan dalam data penelitian. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa iklan bertujuan untuk menarik perhatian konsumen agar membeli produk yang diiklankan. Untuk memeroleh tujuan tersebut, produsen memanfaatkan peran bahasa untuk meningkatkan minat konsumen. Penggunaan tindak tutur ilokusi Representätiva, Direktiva, dan Kommisiva menjadi kuncinya. Jenis tindak tutur ilokusi yang paling banyak digunakan dalam iklan adalah Kommisiva dengan tujuan untuk menjanjikan atau versprechen. Melalui janji, konsumen akan lebih mudah tertarik membeli produk yang diiklankan. Selanjutnya tindak tutur ilokusi Representätiva dengan tujuan untuk behaupten atau menegaskan klaim produk dengan cara menampilkan hasil uji dermatologi dan penghargaan yang diperoleh agar konsumen percaya dan yakin untuk membeli produk yang diiklankan. Terakhir, produsen memanfaatkan tindak tutur ilokusi Direktiva dengan tujuan untuk auffordern atau memerintahkan dan bitten untuk meminta secara langsung kepada konsumen agar membeli produk yang diiklankan, karena produsen berani menjamin bahwa produknya mampu bekerja secara efektif pada kulit wajah. Kata kunci: Sprechakt, illokutionärer Akt, Konteks, Iklan The purpose of this study is to determine the purpose of the illocutionary speech acts in beauty advertisements contained in January – October 2019 edition of Brigitte Magazine. This Study is a qualitative study with descriptive method. The results show that there were only three from five types of illocutionary speech acts in this study, there are Representätiva, Direktiva, and Kommisiva illocutionary speech acts. The most uses illocutionary type is Kommisiva with the purpose to versprechen or promises. Furthermore, some beauty advertisements in this study use the Representätiva illocutionary speech acts with the aims to behaupten or affirm and determine something. The fewest illocutionary speech acts found in this study are Direktiva with the purpose to auffordern or ordering and bitten or asking for something. Based on the researce result, it can be concluded that advertaisment aims to attract the attention of consumers to buy the advertised product. To achieve this goal, producers use the language roles to increase consumer interest. The uses of Representätiva, Direktiva, and Kommisiva illocutionary speech acts is the key. The most common type of illocutionary speech act used in Beauty Advertisements in January – October 2019 Edition of Brigitte Magazine is Kommisiva with the aim of promising or versprechen. Through promises, consumers will be more easily attracted to buying the advertised product. Furthermore, Representätiva with the aim of behaupten or affirm the product claims by displaying the results of dermatological tests and awards obtained, so it will gain consumers trust and confidence for the advertised product. Then, producers use Direktiva with the aim of auffordern or ordering and bitten to ask consumers directly to buy the advertised product, because producers guarantee that their products are able to work effectively on facial skin. Keywords: Speech Acts, Illocutionary Speech Acts, Kontext, Advertisement

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rr. Kurniasih Ratri Handayani, MA. 2). Dra. Rina Agustin, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 13817 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2022 09:08
Last Modified: 04 Mar 2022 09:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23357

Actions (login required)

View Item View Item