ANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI NORD ANGLIA SCHOOL JAKARTA (SUATU ANALISIS SOSIOLINGUISTIK)

TABITA, . (2022) ANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI NORD ANGLIA SCHOOL JAKARTA (SUATU ANALISIS SOSIOLINGUISTIK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (727kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alih kode dan campur kode yang terjadi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Nord Anglia School Jakarta. Fokus penelitian ini adalah pada peristiwa alih kode dan campur kode yang terjadi pada percakapan antara guru dengan siswa dwibahasawan di Nord Anglia School Jakarta. Alih kode dan campur kode yang diteliti meliputi jenis dan penyebabnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu didominasi oleh peristiwa alih kode. Jenis alih kode dan jenis campur kode yang ditemukan pada data yang diteliti, ialah jenis eksternal atau ke luar, yaitu dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris atau sebaliknya. Berdasarkan penyebabnya, alih kode yang terjadi dominan disebabkan oleh lawan tutur dengan persentase 55%, sedangkan campur kode didominasi oleh faktor penyebab penutur/pribadi penutur, yaitu sebanyak 45%. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa melalui pembelajaran kosakata dan kalimat efektif pada kelas 6 tema 7 (kepemimpinan), pada KD 4.3 menyampaikan pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri. The purpose of this research is for determine code switching and code mixing that occur in learning Indonesian at Nord Anglia School Jakarta. The focus of this research is on code switching and code mixing events that occur in conversations between teachers and bilingual students at Nord Anglia School Jakarta. Code switching and code mixing studied include the types and causes.The method used in this study is a qualitative descriptive method with content analysis techniques. Results obtained from this research, that is dominated by code-switching events. The types of code switching and the types of code mixing found in the researched data are external or external types, namely from Indonesian to English or vice versa. Based on the causes, the dominant code switching is caused by the interlocutor with a percentage of 55%, while mixing code dominated by causative factor speaker/personal speaker,that is as much as 45%.The results of this study can be implied in learning Indonesian for students through effective vocabulary and sentence learning in English grade 6 theme 7 (leadership), on KD 4.3 Deliver a personal speech using standard vocabulary and effective sentences as a form of self-expression. Keywords: Code switching, code mixing, Indonesian language learning at SPK

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Sintowati Rini Utami, M.Pd. 2) Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 13781 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2022 02:06
Last Modified: 06 Mar 2022 02:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23458

Actions (login required)

View Item View Item