AMBIENT SEBAGAI MEDIA KAMPANYE DALAM PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP PANDEMI COVID-19

RUGHBI ASYRAF, . (2022) AMBIENT SEBAGAI MEDIA KAMPANYE DALAM PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi Penciptaan karya seni rupa ini bertujuan untuk mengampanyekan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pandemi COVID-19, dengan pemilihan ambient media sebagai pemenuhan realisasi penciptaan karya. Adapun metode yang ditentukan dalam penciptaan karya menggunakan jenis kualitatif dengan riset research-led practice. Melalui pengumpulan data terdahulu (studi pendahuluan, hasil magang, dan hasil eksplorasi), sebelum realisasi penciptaan dilakukan. Adapun penciptaan karya yang dihasilkan berjumlah tiga wujud ambient media. Berdasarkan kesimpulan penciptaan karya atas hasil pendapat pengguna dinyatakan bahwa konsep penciptaan ambient media mampu menyampaikan tujuan kampanye, pada signifikansi salah satu penciptaan karya. Adapun pada visualisasi karya ambient media, beberapa partisipan mengalami kendala dalam memahami visual yang disampaikan. Sedangkan pemenuhan aspek operasional mampu diwujudkan pada masing-masing kebutuhan wujud ambient media. This thesis of fine art work aims to increase public awareness of the COVID-19 pandemic campaign, ambient media as the fulfillment of the realization of the process of production. The specified method in the process used qualitative with research-led practice. The previous data (preliminary studies, internship results, and exploration), before the realization. As for the producing result, there are three forms of ambient media. In conclusion based on the process of producing, it is stated that the concept of producing ambient media is able to engage one of significance objectives of the campaign. The visualization of ambient media, there are some participants experienced difficulties in understanding the visuals presented. The use of operational aspects can be realized in each of process and technique ambient media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Zaitun Y.A. Kherid, M.Pd 2). M.C. Wara Candrasari, S.Sn, M.Ds
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Kesenian > Seni Rupa, Fotografi
Kesenian > Seni (umum)
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 13934 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:40
Last Modified: 07 Mar 2022 04:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23467

Actions (login required)

View Item View Item