STRATEGI PEMBELAJARAN TATA BUSANA UNTUK SISWA TUNARUNGU DI SLBN 02 JAKARTA (Studi Deskriptif Di SLBN 02 JAKARTA Tingkat SMALB)

Indri Puspita, . (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN TATA BUSANA UNTUK SISWA TUNARUNGU DI SLBN 02 JAKARTA (Studi Deskriptif Di SLBN 02 JAKARTA Tingkat SMALB). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Indri Puspita (1335140078).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendalami strategi pembelajaran tunarungu untuk siswa tunarungu di SLBN 02 Jakarta Tingkat SMALB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan analisis data Miles dan Huberman dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa sekolah menggunakan kurikulum 2013 yang dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kemampuan siswa, disekolah siswa juga melaksanakan asesmen akademik dan asesmen non akademik serta asesmen keterampilan. Strategi yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan expotition dan individual. Metode yang digunakan metode demonstrasi, metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode drill. Pendekatan yang digunakan pendekatan saintifik dan model yang digunakan adalah model Contextual Teaching Learning (CTL) dan komunikatif. Strategi komunikasi yang digunakan guru adalah Komunikasi Total. Materi yang digunakan berkaitan hal-hal yang konkret berupa membuat rok, sandal kamar cantik, aksesoris busana dan baju modifikasi. Proses keterampilan tata busana terdiri dari 3 tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Evaluasi yang digunakan guru bentuk ulangan harian, uts , dan uas. Guna untuk mengukur pemahaman siswa dalam memahami pembelajaran keterampilan tata busana. Diharapkan pembelajaran tata busana untuk siswa tunarungu ini mampu memberikan pembelajaran kecakapan hidup yang akan berguna untuk menolong diri, mandiri serta mampu berwirausaha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Murni Winarsih, M.Pd 2) Indra Jaya M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Dec 2019 10:07
Last Modified: 17 Dec 2019 10:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2348

Actions (login required)

View Item View Item