POLA KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM PENYELESAIAN KONFLIK RUMAH TANGGA PADA PASANGAN KAWIN CAMPUR DI ISTANBUL (Studi pasangan mixed marriages Indonesia – Turki)

SALWA NUHAULA, . (2022) POLA KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM PENYELESAIAN KONFLIK RUMAH TANGGA PADA PASANGAN KAWIN CAMPUR DI ISTANBUL (Studi pasangan mixed marriages Indonesia – Turki). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (322kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkawinan campuran yang terjadi di antara individu yang memiliki latar belakang etnis yang berbeda, membuat individu memiliki dinamika unik dan tantangan yang akan dijalani. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan motif, pengalaman, makna atau komunikasi antar budaya yang dilakukan oleh pasangan kawin campur Indonesia-Turki yang tinggal di Istanbul. Pendekatan penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif yang digunakan untuk mengkaji, menggali dan mengungkap kesamaan makna dari sebuah konsep atau fenomena yang menjadi pengalaman hidup sekelompok individu yang mengalaminya secara langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah pasangan kawin campur Indonesia-Turki sebanyak empat pasangan suami istri yang tinggal di Istanbul Turki, dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik dalam rumah tangga pasangan kawin campur Indonesia Turki dipengaruhi oleh perbedaan budaya. Perbedaan budaya dapat diatasi dengan komunikasi secara dua arah, langsung, dan terbuka sehingga memunculkan adanya toleransi dan negoisasi pada kedua belah pihak agar tidak terjadi konflik berkelanjutan. Kata Kunci: Komunikasi Antarbudaya, Konflik Rumah Tangga, Pasangan Kawin Campur Mixed marriages that occur between individuals with different ethnic backgrounds make individuals have unique dynamics and challenges. This research aims to determine the motives, experiences, meanings, or intercultural communication carried out by Indonesian-Turkish mixed marriages couples living in Istanbul. This research approach is a qualitative approach which is used to examine, explore and reveal the similarity of the meaning of a concept or phenomenon that becomes the life experience of a group of individuals who experience it directly. The data collection is through observation and interviews. This study's subjects were four Indonesian-Turkish mixed marriages couples living in Istanbul, Turkey, which was selected by purposive sampling technique. The research results show that cultural differences influence the conflict in the household of mixed marriages couples between Indonesia and Turkey. However, cultural differences can be overcome by two-way, direct, and open communication so that there is tolerance and negotiation on both sides and no ongoing conflict. Keywords: Household Conflict, Intercultural Communication, Mix Marriages Couple

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. ; 2). Maya Oktaviani, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Transportasi dan Komunikasi
Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 13686 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2022 03:42
Last Modified: 19 Aug 2022 01:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23528

Actions (login required)

View Item View Item