A. KANZI MUHAMMAD, . (2017) PENGARUH PENURUNAN TEKANAN POMPA BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR 125 cc MENGGUNAKAN TEKANAN POMPA BAHAN BAKAR PNEUMATIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
|
Image
Halaman Pernyataan.jpg Download (490kB) | Preview |
|
|
Image
Lembar Pengesahan.jpg Download (499kB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI A. Kanzi Muhammad.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari nilai kecepatan putaran mesin yang tepat dan besarnya pengaruh tekanan pompa bahan bakar, antara tekanan pompa bahan bakar standar dengan tekanan pompa bahan bakar yang diturunkan. Mengetahui tekanan pompa bahan bakar yang sesuai, untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang optimal serta melihat efek emisi gas buang yang ditimbulkan akibat adanya modifikasi penurunan tekanan pompa bahan bakar. Metode Percobaan (Eksperiment Research) yang digunakan dalam penelitian ini, dilakukan dengan cara memvariasikan tekanan bahan bakar standar (2.94 bar) dan tekanan bahan bakar diturunkan 2.5 bar, bukaan throtlle mulai dari kelipatan 5o sampai dengan 50o dengan menggunakan sepeda motor Honda Vario PGM-FI 125cc, sehingga akan terlihat pengaruh dari daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar sepeda motor tersebut, melalui pengamatan menggunakan dynotest dinamometer. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan hasil analisa data, penurunan tekanan pompa bahan bakar dari tekanan standar (2,94 bar) menjadi 2,5 bar mengakibatkan penurunan nilai torsi, daya, konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang. Persentase torsi maksimal antara kedua tekanan pompa bahan bakar adalah 1.7%, sedangkan persentase daya maksimalnya adalah 1.68% dengan kecepatan putaran mesin yang sama. Konsumsi bahan bakar yang didapatkan pada tekanan pompa bahan bakar 2,5 bar lebih baik ketika mencapai akselerasi sedangkan di putaran bawah mesin, konsumsi bahan bakar lebih banyak dibandingkan dengan tekanan standar (2,94 bar). Turunnya tekanan pompa bahan bakar yang diuji berpengaruh pada hasil emisi gas buang yang menunjukkan turunnya kadar CO, HC, CO2, serta meningkatnya kadar O2.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Pratomo Setyadi, ST., MT ; 2). Ragil Sukarno, S.T, M.T |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 15:53 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 02:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/236 |
Actions (login required)
View Item |